Vitamin ini diklaim mampu redakan alergi dalam 7 hari!

Kamis, 3 April 2014 22:35 Reporter : Kun Sila Ananda
Vitamin ini diklaim mampu redakan alergi dalam 7 hari! Ilustrasi alergi. ©2012 Shutterstock/MANDY GODBEHEAR

Merdeka.com - Mulai dari sesak napas, hidung berair, hingga bersin yang sulit berhenti, gejala alergi seringkali merepotkan penderitanya. Segala cara dilakukan untuk mencegah munculnya gejala-gejala tersebut, seperti menghindari pemicu alergi dan lainnya. Namun banyak orang yang tak mengetahui bahwa sesungguhnya adalah vitamin yang bisa meredakan gejala alergi.

Vitamin itu adalah vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang tak menyadari bahwa mereka kekurangan vitamin D. Padahal vitamin ini bekerja efektif dengan melawan bakteri H.pylori yang menyebabkan peradangan dan gejala alergi. Tak hanya bakteri tersebut juga diketahui berkaitan dengan kanker perut.

Dalam sebuah penelitian, vitamin D diketahui bisa meredakan alergi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori dalam waktu yang cepat. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 4000 IU vitamin D setiap hari bisa menurunkan gejala alergi hingga 30 persen dalam waktu satu minggu dan 40 persen dalam 12 minggu, seperti dilansir oleh Healthy Living (02/04).

Peneliti kemudian menyadari bahwa vitamin D adalah nutrisi penting untuk menangkal infeksi. Berdasarkan penelitian di University of Copenhagen, ditemukan bahwa tanpa asupan vitamin D yang cukup, T-cell yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh tak akan bisa bekerja efektif terhadap infeksi.

Penelitian lain yang berfokus pada efek vitamin D pada bakteri H.pylori juga menunjukkan bahwa tubuh akan mencari asupan vitamin D ketika akan menghadapi infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Beberapa gejala alergi sebenarnya adalah hasil dari peradangan yang disebabkan oleh bakteri H.pylori, untuk itu peran vitamin D penting untuk mencegah dan meredakannya.

Untuk menghindari peradangan yang bisa memicu reaksi alergi, peneliti menyarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D bisa didapatkan melalui makanan seperti jamur, telur, salmon, dan ikan lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen, namun pastikan sesuai petunjuk dokter dan suplemen yang berasal dari bahan alami. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini