Usir nyamuk dengan 5 bahan alami ini!

Jumat, 18 Juli 2014 10:41 Reporter : Kun Sila Ananda
Usir nyamuk dengan 5 bahan alami ini! Ilustrasi nyamuk. ©Shutterstock/Stocksnapper

Merdeka.com - Di musim hujan seperti ini banyak nyamuk yang berkeliaran dan mencari mangsa. Tak hanya gigitan yang menyebabkan gatal, nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, dan lainnya. Terkadang obat nyamuk yang digunakan saja tak cukup dan membuat nyamuk tetap datang.

Namun jangan khawatir, jika Anda sering dikerubuti nyamuk, coba gunakan beberapa bahan alami ini untuk mengusirnya, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Minyak intaran

Anda mungkin belum banyak mengenal tanaman intaran atau neem. Namun minyak intaran jika dicampur dengan minyak kelapa juga bisa dijadikan solusi mengusir nyamuk. Campurkan minyak intaran dengan minyak kelapa, kemudian gosokkan pada kulit. Ini akan membuat nyamuk menjauhi Anda dan menurunkan risiko digigit nyamuk.

2. bawang putih

Haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak mineral. Diamkan selama seharian, kemudian saring untuk mendapatkan minyak dari campuran tersebut. Anda bisa menambahkan campuran itu dengan dua cangkir air dan satu sendok jus lemon. Anda juga bisa menaruhnya dalam bentuk semprotan untuk digunakan pada tubuh.

3. Minyak lavender

Minyak lavender digunakan sebagai pengusir serangga selama beberapa abad. Anda bisa menggunakan minyak lavender di belakang telinga, lengan, dan leher untuk membuat nyamuk menjauhi Anda.

4. Esens vanilla

Menggunakan esens vanilla pada tubuh Anda juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir nyamuk dan membuat nyamuk ogah berdekatan dengan tubuh Anda.

5. Minyak esensial

Penelitian juga telah mengungkap bahwa beberapa jenis minyak esensial bisa menjadi alat pengusir nyamuk yang efektif. Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan antara lain minyak esensial peppermint, thyme, basil, dan lainnya.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjauhkan nyamuk. Dengan menggunakan bahan alami tersebut, nyamuk tak akan mau berdekatan dengan Anda. DIbanding menggunakan produk yang tak alami, coba usir nyamuk dengan bahan alami yang aman digunakan di atas. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
  3. Kesehatan
  4. Tips Sehat
  5. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini