Ubah gaya hidup untuk hindari kanker serviks

Rabu, 12 Desember 2012 13:07 Reporter : Kun Sila Ananda
Ubah gaya hidup untuk hindari kanker serviks Kanker. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perhatian pada kanker serviks akhir-akhir ini semakin meningkat. Kanker ini pun diketahui telah membunuh lebih banyak wanita dibandingkan dengan kanker lain. Kanker serviks bisa menjangkiti wanita melalui gaya hidup yang buruk, seperti kurangnya kebersihan dan suka berganti-ganti pasangan.

Berikut adalah beberapa gaya hidup lain yang harus diubah untuk menghindari kanker serviks, seperti dilansir oleh Health Me Up (11/12).

1. Merokok
Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko kanker serviks hingga dua sampai lima kali lipat. Merokok bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan mampu memicu kanker serviks. Wanita yang merokok lebih rentan terkena kanker serviks dibanding wanita yang tidak merokok.

2. Diet
Mengonsumsi terlalu sedikit buah dan sayur bisa meningkatkan risiko wanita terkena kanker serviks. Selain itu, wanita yang kelebihan berat badan juga rentan terkena kanker serviks.

3. Pil KB
Terdapat bukti bahwa mengonsumsi pil KB dalam jangka waktu terlalu lama mampu meningkatkan risiko kanker serviks. Penelitian menunjukkan bahwa risiko meningkat ketika wanita mengonsumsi pil KB, namun juga menurun ketika wanita berhenti mengonsumsinya. Dalam sebuah penelitian, risiko kanker serviks diketahui dua kali lipat pada wanita yang mengonsumsi pil KB lebih dari lima tahun.

Gaya hidup yang tidak sehat di atas perlu dikurangi jika tak ingin berisiko terkena kanker serviks. Hilangkan kebiasaan merokok, tambah asupan buah dan sayur, serta pilih alat kontrasepsi lain yang lebih aman. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kanker Serviks
  3. Wanita Merdeka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini