Turunkan gula darah dengan 5 cara alami ini

Senin, 4 Agustus 2014 14:59 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Turunkan gula darah dengan 5 cara alami ini Ilustrasi tidur. Shutterstock/KPG_Payless

Merdeka.com - Setelah liburan dan segala macam keriaan lebaran seperti saat ini, bukan tidak mungkin gula darah Anda akan meningkat. Penyebabnya ketika hari libur Anda pasti tidak akan berpikir panjang untuk menyantap makanan enak yang ada di sekeliling Anda.

Sebuah lonjakan gula darah yang tinggi mampu menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Terutama apabila Anda seorang pasien diabetes.

Berikut adalah cara alami untuk menurunkan gula darah seperti dilansir dari healthmeup.com.

Jangan melewatkan jam makan

Hindari melewatkan jam makan sebab setiap kali Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah Anda akan terdorong lebih tinggi. Hal ini terjadi karena ketika Anda kelaparan maka bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Konsumsi karbohidrat sehat

Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

Konsumsi kayu manis

Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29%. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda. Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa lain pada makanan Anda.

Tidur cukup

Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga pastikan bahwa setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.

Makan lebih banyak kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Daripada mengonsumsi obat-obatan yang mampu memberikan dampak buruk untuk kesehatan, lebih baik lakukan cara alami di atas untuk turunkan gula darah. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Diabetes
  4. Tips Sehat
  5. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini