Tubuh Tetap Gemuk Walau Rajin Olahraga? Ini Mungkin Penyebabnya

Sabtu, 27 Juni 2020 08:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tubuh Tetap Gemuk Walau Rajin Olahraga? Ini Mungkin Penyebabnya Ilustrasi obesitas. Shutterstock/imtmphoto

Merdeka.com - Melakukan olahraga serta mengontrol makanan sehari-hari merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah perut bertambah gemuk. Namun bisa saja walau kamu sudah melakukan keduanya tetapi lemak masih saja menumpuk.

Kondisi lemak yang tetap menumpuk ini bisa saja terjadi karena seseorang kurang istirahat. Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science Nutrifood Research Center, mengatakan kurang tidur atau beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak yang berujung risiko obesitas bertambah.

"Kurang tidur bisa menyebabkan risiko penimbunan lemak, berat badan meningkat, risiko obesitas bertambah. Lemak tidak hilang-hilang bisa jadi karena kurang istirahat," terangnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Selain masalah lemak menumpuk, seseorang yang kurang beristirahat juga menurun kekuatan otot dan kadar hormon yang penting untuk pembentukan otot.

1 dari 1 halaman

"Sudah olahraga, makan bener, otot enggak berkembang, mungkin karena kurang tidur," ujar Rendy.

Masalah lainnya juga muncul karena tubuh tak cukup istirahat yakni gejala depresi meningkat, gangguan suasana hati dan kognitif. Rendy menyarankan agar seseorang tidur selama 7-9 jam per malam untuk mengoptimalkan detoksifikasi tubuh, serta pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang rusak.

"Beri jeda waktu tidur dan olahraga minimal sejam untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik. Kalau habis olahraga lalu tiba-tiba tidur, pasti (tubuh) kaget, kualitas tidur bisa terganggu," tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Perut Kembung usai Berolahraga, 5 Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini