Tomat, makanan alami penangkal stroke dini

Selasa, 9 Oktober 2012 10:34 Reporter : Destriyana
Tomat, makanan alami penangkal stroke dini Ilustrasi tomat. ©2012 Shutterstock/Yasonya

Merdeka.com - Makanan kaya antioksidan yang mengandung likopen, seperti tomat, dapat mengurangi risiko stroke pada pria.

Hasil studi terbaru menemukan bahwa tingkat likopen tinggi dalam darah, bisa mengurangi 55 persen risiko stroke pada mereka yang memiliki kadar pigmen rendah.

"Jika orang mengonsumsi lebih dari lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, ia dapat terhindari dari risiko stroke," kata peneliti Jouni Karppi, dari University of Eastern Finland, seperti dilansir Myhealthnewsdaily.com, (8/10).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa likopen dapat menurunkan kemampuan LDL (kolesterol jahat) untuk membentuk plak di arteri, yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Likopen juga memiliki sifat lain yang berhubungan dengan penurunan risiko stroke, seperti menghambat produksi kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

Para peneliti mengumpulkan data dari 1.031 orang Finlandia, yang ikut ambil bagian dalam Kuopio Ischaemic Heart Disease Risk Factor. Selama 12 tahun masa penelitian, 67 pria ditemukan menderita stroke. Kemudian para peneliti mengukur kadar likopen dalam darah mereka, dan membaginya dalam empat kelompok.

Hubungan antara tingkat likopen yang lebih tinggi dan risiko stroke lebih rendah ditemukan oleh penliti, ketika memperhitungkan faktor risiko stroke seperti usia, merokok dan diabetes.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Tunggu apalagi? Yuk minum jus tomat secara teratur dan makan makanan kaya antioksidan yang baik untuk tubuh. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Penyakit Stroke
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini