Tips Mudah Menyimpan dan Mencairkan ASI yang Beku Disimpan di Kulkas

Sabtu, 27 Juni 2020 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tips Mudah Menyimpan dan Mencairkan ASI yang Beku Disimpan di Kulkas ilustrasi ASI. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Bagi seorang ibu yang bekerja, ASI sering tak bisa diberikan secara langsung. Seorang ibu perlu menyimpan ASI-nya untuk diberikan kepada buah hati ketika tengah ditinggal bekerja.

Hal ini membuat banyak ibu yang memerah ASI dan menyimpannya dalam jumlah besar. Agar awet lebih lama, ASI ini biasanya perlu disimpan di dalam freezer.

Sebelum diberikan pada buah hati, ASI yang diberkukan ini perlu untuk dicairkan lebih dahulu. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena takutnya bisa merusak ASI yang akan diberikan.

Cara menyimpan dan mencairkan ASI yang aman penting diketahui oleh seorang ibu. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips yang penting diketahui dalam menyimpan dan mencairkan ASI.

1 dari 2 halaman

Cara Menyimpan ASI

Setelah memompa ASI, taruh susu di dalam botol gelas atau botol plastik bebas BPA, lalu tutup rapat. Untuk mencegah masalah, kamu juga bisa menggunakan tas penyimpanan susu khusus. Hindari menggunakan botol susu sekali pakai atau kantong plastik untuk menyimpan ASI.

Setelah menaruhnya di dalam botol, beri label tanggal pada setiap wadah penyimpanan. Pastikan juga untuk menyimpan botol ini di bagian dalam freezer dan bukan di bagian dekat pintu freezer.

2 dari 2 halaman

Cara Mencairkan ASI Beku

Pastikan memilih botol ASI dengan tanggal paling tua. Untuk mencairkannya, kamu bisa hanya mengeluarkannya dari freezer dan mendiamkannya pada suhu kamar. Kamu bisa menyajikannya dalam kondisi hangat maupun dingin.

Cara lain yang bisa dilakukan hanya meletakkan botol berisi ASI beku di wadah air hangat. Jangkan menggunakan microwave untuk menghangatkannya karena bisa menyebabkan komponen dalam ASI menjadi rusak.

Aduk susu dan cek suhunya dengan menggunakan beberapa tetes di pergelangan tangan. Sesudah ASI dalam kondisi cair, pastikan untuk langsung diminumkan dan jangan membekukannya kembali. [RWP]

Baca juga:
Jadi Orangtua Baru, Ini Hal yang Perlu Diketahui agar Bisa Cukup Tidur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini