Tips menghitung jumlah lemak yang dikonsumsi setiap hari

Selasa, 19 Maret 2013 13:39 Reporter : Kun Sila Ananda
Tips menghitung jumlah lemak yang dikonsumsi setiap hari Ilustrasi label makanan. ©Shutterstock.com/Stephen VanHorn

Merdeka.com - Untuk menjaga berat badan, Anda harus memperhatikan berapa banyak lemak dan kalori yang dikonsumsi setiap hari. Menghitung kalori bisa dilakukan dengan mudah, namun tidak dengan lemak.

Meski begitu tak usah khawatir. Mayo Clinic memberikan formula mudah untuk membantu Anda mengawasi jumlah lemak yang dikonsumsi setiap harinya. Berdasarkan ahli nutrisi Katherine Zeratsky dari Mayo, maksimal Anda harus mengonsumsi 20 - 35 persen lemak dari jumlah kalori.

Untuk menghitung berapa banyak kalori dan lemak yang Anda konsumsi, kalikan jumlah total kalori yang Anda konsumsi dengan presentase yang Anda pilih, seperti dilansir oleh Third Age (17/03).

Misalkan Anda mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari dan ingin mengonsumsi 20 persen lemak. Maka Anda harus mengalikan 20 persen dengan jumlah kalori, berarti Anda mendapatkan 400 kalori.

Setelah itu, bagi hasil yang Anda dapatkan dengan sembilan (jumlah kalori dalam 1 gram lemak adalah 9) untuk mengetahui seberapa gram lemak yang harus dikonsumsi setiap hari. Jumlah 400 kalori dibagi sembilan menghasilkan 44 gram lemak. Berarti Anda bisa mengonsumsi sekitar 44 gram lemak setiap hari jika ingin menjaga berat badan.

Secara singkat, berikut formula menghitung lemak yang dikonsumsi setiap hari.

Jumlah lemak (dalam satuan gram) = (Jumlah kalori per hari x presentase lemak yang akan dikonsumsi) : 9 (jumlah kalori dalam satu gram lemak)

Tentu saja semua lemak tidak sama. Lemak memiliki beberapa jenis, lemak yang baik dan lemak jahat. Anda harus memperhatikan jenis lemak yang Anda konsumsi. Biasanya jenis lemak terdapat di label makanan. Untuk daging mentah, peneliti menyarankan untuk mengonsumsi lemak pada ikan seperti salmon dan membatasi konsumsi daging merah. Anda juga tak boleh lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini