Tips Aman Makan Bersama saat Pandemi Covid-19

Kamis, 16 Desember 2021 14:15 Reporter : Titah Mranani
Tips Aman Makan Bersama saat Pandemi Covid-19 ilustrasi makan bersama teman. ©2018 Pixabay.com

Merdeka.com - Menjelang akhir tahun bagi sebagian orang adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga. Momen Hari Natal dan menyambut Tahun Baru adalah saat yang ditunggu untuk menggelar acara makan bersama.

dr. Ngabila Salama, MKM, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes Prov. DKI Jakarta membagikan tips bagi masyarakat yang tak sabar ingin bersama saat pandemi covid-19.

"Kalau mau makan bersama lepas maskernya bergantian. Kita tetap bisa bercengkerama dengan teman. Saat teman makan, kita bisa pakai masker (bergantian)," ujarnya dalam sebuah acara daring kesehatan, seperti yang dikutip dari Antara.

Apalagi saat ini ditemukan varian omicron, masyarakat diminta lebih waspada saat berkumpul bersama orang. Menurut Ngabila, menerapkan protokol kesehatan adalah kunci untuk meminimalisir risiko terkena covid-19. Selalu gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, serta tambahan dari Ngabila yaitu menghindari makan bersama.

"Menjaga ventilasi, durasi, jarak karena covid-19 bisa menular secara airborne, lokasi indoor itu menjadi potensi yang cukup besar. Tetapi kita bisa mengantisipasinya dengan 6M," jelasnya.

Vaksinasi juga menjadi prasyarat ketika kita akan mengadakan makan bersama. Ngabila menegaskan bahwa semua merek vaksin yang kini tersedia aman digunakan untuk berbagai kondisi medis termasuk bagi penderita autoimun.

Namun, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan persetujuan vaksinasi.

"Tetapi harus dibuat terkontrol, tidak ada gejala dulu, tidak muncul reaksi dulu sehingga memang dipastikan lebih aman. Atau dilakukan vaksinasi di tempat yang punya fasilitas emergency yang baik misalnya di rumah sakit," ujar dia.

Ngabila juga mengingatkan bahwa vaksinasi tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar kita, terutama anak-anak dan juga orang-orang yang ingin vaksin tetapi belum bisa divaksin karena kondisi medisnya.

Selain itu, menurut Ketua Departemen Kedokteran Penyakit Menular di Mount Sinai South Nassau di Oceanside, New York, Aaron E. Glatt,MD terkait makan bersama dalam situasi pandemi seperti ini, masalah terbesarnya adalah setiap orang harus melepas masker mereka. Tak hanya itu, percakapan yang terjadi disela-sela waktu makan dapat dengan mudah menyebarkan virus corona ke udara.

Untuk itu, Asosiasi medis di Texas, seperti dikutip dari Everyday Health, mengkategorikan makan di dalam restoran termasuk dalam kategori risiko sedang-tinggi covid-19, sedangkan makan malam di rumah atau menghadiri barbekyu di luar ruangan masuk dalam kategori risiko sedang. [ttm]

Baca juga:
Ternyata Pandemi Covid-19 Membuat Penampilan Menjadi Jelek
Olahraga Tetap Aman Usai Vaksin? Intip 5 Tips Melanie Putria
Update Covid-19 Nasional per 18 Desember 2021: Kesembuhan Bertambah 214 Orang
Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia, Ini 5 Fakta Omicron yang Perlu Diketahui
Virus Covid-19 Varian Omicron Masuk ke Indonesia, Ini Strategi Pencegahan Berlapis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini