Tidur Tidak Nyaman? Ini 4 Posisi Tidur yang Mantap dan Anti Sakit Pinggang

Jumat, 20 Mei 2022 15:00 Reporter : magang1
Tidur Tidak Nyaman? Ini 4 Posisi Tidur yang Mantap dan Anti Sakit Pinggang ilustrasi tidur. pexels

Merdeka.com - Tidur adalah kebutuhan primer bagi tubuh sehabis aktivitas seharian. Dengan tidur, organ tubuh bisa beristirahat dan kembali mengisi energi sebagai persiapan untuk esok hari. Untuk itu, diperlukan kualitas tidur baik agar manfaat tidur dapat dirasakan tubuh.

Namun, tidur bisa menjadi terganggu karena punggung yang sakit atau sebaliknya, punggung yang sakit bisa menjadi dampak dari tidur dengan posisi yang tidak benar.

Nah, kalau sudah begini tentu akan menjadi penghambat bagi aktivitas Anda di pagi hari. Selain tidur tidak enak, Anda juga akan merasa lemas, kesakitan, dan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas.

Untuk memperbaiki hal ini, simak penjelasan berikut untuk tahu posisi tidur yang baik anti sakit pinggang.

2 dari 3 halaman
  • Tidur dengan posisi menyamping dengan bantal di antara kaki

Dilansir dari Sleep Foundation, tidur menyamping dengan kaki yang sedikit ditekuk dapat membantu menyeimbangkan tubuh dan mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda.

Gunakan bantal di antara kaki untuk menambah kenyamanan. Tidur menyamping juga bisa mencegah Anda mengorok.

  • Tidur telentang dengan bantal di bawah lutut

Tidur telentang saat sakit punggung mungkin terasa tidak nyaman. Namun tidur telentang membantu Anda menjaga tulang belakang dalam posisi netral yang merupakan kunci tidur anti sakit pinggang.

Tidur telentang dengan bantal di bawah lutut membantu menjaga postur tubuh yang nyaman dan distribusi berat badan yang merata sehingga sendi menjadi rileks.

3 dari 3 halaman
  • Fetal position

Tidur seperti bayi ternyata bisa membantu pencegah dan pereda sakit pinggang. Fetal position adalah tidur dengan menyamping dengan kaki yang ditekuk dalam hingga ke dalam dan punggung juga ditundukkan ke bawah.

Bagi Anda yang menderita hernia atau kondisi ketika cakram tulang belakang bergerak keluar jalurnya, maka posisi ini menjadi pilihan karena akan melonggarkan tulang belakang Anda.

  • Tidur telungkup dengan bantal di bawah perut

Posisi tidur telungkup memang memberikan tekanan yang tinggi pada otot dan persendian tulang belakang serta membuat leher semakin sakit.

Alternatifnya, gunakan bantal di perut bagian bawah Anda. Dengan menempatkan bantal di bawah perut, bisa menambah kenyamanan serta mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda.

Selain perbaiki posisi tidur, Anda juga bisa kurangi konsumsi kafein dan alkohol, penggunaan gadget sebelum tidur, serta terapi-terapi sebelum tidur seperti meditasi untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Selamat mencoba!

Reporter: Prilisa Septi Hariani

  [mgs]

Baca juga:
Apakah Aman Tidur Dengan Earphone Terpasang Semalaman?
Jenis Meditasi Sebelum Tidur, Tenangkan Pikiran dan Bantu Istirahat yang Nyenyak
Peristiwa 18 Maret: Peringati Hari Tidur Sedunia, Begini Sejarahnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini