Tidak Hanya pada Kesehatan Fisik, Dehidrasi Juga Bisa Timbulkan Masalah Kecemasan

Sabtu, 4 Juli 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tidak Hanya pada Kesehatan Fisik, Dehidrasi Juga Bisa Timbulkan Masalah Kecemasan Ilustrasi dehidrasi. Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Selama ini, dehidrasi selalu dihubungkan dengan munculnya masalah fisik pada seseorang. Kondisi ini ternyata juga bisa memnyebabkan munculnya masalah kecemasan terutama pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Ketua Indonesian Hydration Working Group Dokter Diana Sunardi mengatakan bahwa dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan mempengaruhi suasana hati seseorang. Diana mengatakan bahwa fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi.

"75 persen otak manusia terdiri dari air, apabila tubuh kehilangan sedikitnya 2 persen saja dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh kita," ujarnya.

"Akibat dari fungsi kognitif dan mood yang terganggu, seseorang akan merasa konsentrasinya menurun, mudah mengantuk dan lelah, serta lebih mudah cemas dan tegang," kata dokter spesialis gizi klinik ini menambahkan.

Baca Selanjutnya: Penuhi Kebutuhan Hidrasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini