Tetap Aman Konsumsi Kopi Tanpa Dehidrasi saat Bulan Ramadan, Berikut Tipsnya

Jumat, 23 April 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tetap Aman Konsumsi Kopi Tanpa Dehidrasi saat Bulan Ramadan, Berikut Tipsnya ilustrasi minum kopi. ©www.fitnessbin.com

Merdeka.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang kerap disarankan untuk dihindari kala menjalankan puasa Ramadan. Sifat diuretik di dalam kopi yang bisa membuat orang sering buang air dan memicu dehidrasi disebut sebagai alasannya.

Meski begitu, ada beberapa orang yang sudah terbiasa minum kopi dan sulit meninggalkan kebiasaan ini walaupun di bulan Ramadan. Lantas, bagaimana menyiasatinya?

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK mengatakan, bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadan, khususnya saat berbuka.

"Mungkin dapat dikurangi saja jumlah kopinya. Apabila Anda biasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh," terangnya.

Namun, jika Anda merasa tidak ada masalah, misalnya pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka Anda dapat tetap menerapkan kebiasaan lama.

"Efek diuresis (peningkatan produksi urine, efek samping konsumsi kafein) sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Hindari Minum Kopi saat Sahur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini