KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Terungkap, ini 8 Hal yang membuat perut cepat lapar!

Kamis, 28 Mei 2015 10:37 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Ilustrasi lapar. ©Shutterstock.com/Jacek Chabraszewski

Merdeka.com - Terkadang, saat Anda memakan makanan dengan jumlah yang tidak sedikit, dalam kurun beberapa jam kemudian perut sudah terasa lapar. Mungkin hal tersebut sangat aneh. Ada juga orang yang meskipun makan sedikit namun tetap tidak merasa lapar.

Nah, merdeka.com menemukan setidaknya 8 hal yang membuat Anda cepat lapar. Menurut lansiran Helath Me Up (28/05), berikut ini adalah penyebabnya:

1. Terlalu banyak minum
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar gherlin, hormon yag bertanggung jawab untuk memicu rasa lapar. Itulah sebabnya sejumlah orang cenderung makan dengan banyak sambil minum minuman keras.

2. Makan terlalu cepat
Ketika Anda makan terlalu cepat, maka leptin, hormon kenyang tidak punya waktu untuk mengaktifkan diri dan menjaga Anda dari perasaan kenyang.Terlebih jika makanan yang Anda konsumsi berjenis JunkFood, rasa kenyang hanya datang sebentar saja. Setelah itu, perut bakal bergejolak minta diisi kembali dan rasa lapar pun kembali datang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika Anda mengunyah makanan sedikit lebih lama, makan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

3. Kurang tidur
Bila Anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, sulit bagi tubuh Anda untuk memproduksi hormin leptin, kenyang. Kurangnya jam tidur juga menyebabkan peningkatan sekresi hormon gherlin yang menyebabkan kelaparan.

4. Tidak sarapan
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang melewatkan waktu sarapan, maka dia akan mengalami setidaknya lima kali lipat membutuhkan porsi besar dibandingkan dengan mereka yang sarapan. Hal tersebut dapat berakibat pada obesitas.

5. Terlalu banyak menonton TV
Anda akan lebih mudah makan makanan olahan yang tidak sehat dan mengonsumsi lebih banyak kalori saat menonton televisi. bahkan studi menunjukkan bahwa orang yang menonton TV lebih dari dua jam sehari lebih memungkinkan untuk menjadi lapar dan kelebihan berat badan ketimbang orang melakukan hal ersebut di bawah dua jam.

6. Makan saat stress
Ada sebagian orang yang makan karena ingin menhilangkan perasaan stress atau emosi. Percayalah bahwa ternyata hal tersebut akan mengakibatkan siklus makan Anda tidak sehat. Kepuasan yang didapat bukan kenyang, namun hanya akan memicu 'semacam dendam' atau bentuk pelampiasan. Sehingga hal itu justru memicu kenaikan berat badan.

7. Dehidrasi
Terkadang manusia tidak menyadari bahwa saat merasa lapar sebenarnya adalah ras haus. Hal ini terjadi kepada banyak orang saat mengalami dehidrasi kronis.

8. Mengunyah permen karet
Permen karet, membuat Anda merasa lapar karena terus mengunyahnya. Hal tersebut disebabkan oleh rasa yang sudah tidak manis, sehingga Anda cenderung menelan air liur yang diproduksi. Air liur yang ditelan akan bergerak di perut sehingga tubuh Anda akan cenderung mengikuti untuk mencari makanan. Itulah mengapa Anda menjadi sangat lapar. [ega]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.