Ternyata, yogurt bisa tingkatkan fungsi otak lho!

Kamis, 30 Mei 2013 10:29 Reporter : Destriyana
Ternyata, yogurt bisa tingkatkan fungsi otak lho! Ilustrasi yogurt. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/HLPhoto

Merdeka.com - Probiotik yang ditemukan dalam yogurt alami bisa membantu meningkatkan mood seseorang karena mereka mempengaruhi fungsi otak.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bakteri menguntungkan ini dapat mempengaruhi otak tikus, tetapi tidak ada penelitian yang mengonfirmasi hal yang sama terjadi pula pada otak manusia.

Namun, studi terbaru menemukan bahwa orang yang makan yogurt probiotik dua kali sehari selama satu bulan menunjukkan perubahan fungsi otak, baik saat aktivitas otak sedang beristirahat maupun dalam menanggapi kondisi emosional, yang dirancang untuk memantau bagaimana otak merespon emosi tertentu.

Ekosistem mikroorganisme kompleks yang hidup di sistem pencernaan manusia bertugas dalam meningkatkan kesehatan tubuh dengan meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pencernaan, serta menjaga berat badan yang sehat dan tekanan darah.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kandungan dari yogurt benar-benar dapat mengubah cara otak kita merespon lingkungan," papar Dr Kirsten Tillisch dari UCLA School of Medicine, sebagaimana dilansir Daily Mail (28/5).

Ada kemungkinan bahwa mengubah komposisi bakteri usus bisa mengarah pada pengobatan untuk gangguan nyeri kronis, serta gejala kondisi otak seperti autisme, Parkinson, dan penyakit Alzheimer. [des]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini