KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ternyata, suhu hidung meningkat ketika berbohong

Sabtu, 24 November 2012 16:36 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi berbohong. ©Shutterstock.com/© andrea michele piacquadio

Merdeka.com - Hidung manusia tidak akan memanjang seperti karakter Pinokio ketika berbohong. Namun peneliti menemukan bahwa suhu pada ujung hidung akan bertambah tinggi saat seseorang berbohong.

"Rasa cemas akan menyebabkan ujung hidung bertambah panas," jelas Emilio Gomez Milan dan Elvira Salazar Lopes, peneliti dari University of Granada, seperti dilansir oleh NY Daily News (24/11).

Mereka menemukan ini ketika melihat suhu tubuh partisipan melalui kamera pendeteksi panas. Peneliti menamakan ini 'Pinokio Effect' diambil dari karakter Pinokio ciptaan Carlo Collodi dari abad ke-19.

Penelitian ini menunjukkan bahwa suhu pada ujung hidung partisipan berubah-ubah sesuai dengan mood. Begitu juga dengan otot orbital pada sudut bagian dalam mata.

Tesis doktor Pasangan riset, yang dirilis kemarin, menunjukkan suhu meningkat hidung atau berkurang sesuai dengan suasana hati, seperti halnya daerah otot orbital di sudut bagian dalam mata.

Selain itu mereka juga mengklaim bahwa suhu tubuh juga dapat mendeteksi hasrat seksual pria dan wanita. Ketika merasakan gairah seksual, suhu tubuh bagian dada dan daerah genital akan meningkat.

Kesimpulannya, ketika seseorang berbohong, korteks insular pada otak akan berubah dan menyebabkan perubahan suhu tubuh. Hal ini karena korteks insular berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh.

Sayangnya tak semua orang bisa mengetahui perubahan suhu ujung hidung orang lain. Jika ingin tahu apakah orang tersebut berbohong atau tidak, setidaknya Anda harus menggunakan pemindai suhu tubuh. [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.