Ternyata, sering naik pesawat bisa bikin gemuk

Senin, 20 Oktober 2014 09:50 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ternyata, sering naik pesawat bisa bikin gemuk Ilustrasi makanan di pesawat. Shutterstock/Pavel L Photo and Video

Merdeka.com - Bepergian menggunakan pesawat merupakan hal yang jamak saat ini. Sebab semakin hari, mobilitas manusia akan semakin tinggi begitu pula dengan Anda. Bahkan tak jarang Anda akan sering bepergian mengunjungi negara-negara lain dengan berbagai macam alasan.

Bepergian dengan pesawat memang sangat efisien dan efektif. Namun ternyata hal ini bisa mendatangkan gangguan kesehatan walaupun tidak Anda sadari. Hal yang paling umum adalah gangguan di telinga dan saluran pernapasan karena perbedaan ketinggian udara. Selain itu, penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa sering naik pesawat juga bisa membuat tubuh Anda bertambah gemuk.

"Mengalami perubahan zona waktu terutama bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri dapat menghasilkan gangguan pada jam biologis Anda yang berimbas pada sistem metabolisme tubuh dan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sistem metabolisme yang terganggu akan membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Sementara kurangnya waktu istirahat terutama di malam hari mampu menghambat pertumbuhan baik yang bermanfaat untuk mencerna makanan Anda. Hasilnya, berat badan bisa bertambah tanpa Anda sadari," ujar Eran Elinav, peneliti dari Institute of Science di Israel.

"Faktor ini pun bisa ditambah dengan kurangnya gerak fisik di dalam pesawat terutama di dalam penerbangan yang berjam-jam." [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Penelitian
  4. Obesitas
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini