Mitos atau Fakta

Ternyata, orang kidal menyimpan 6 fakta unik ini

Kamis, 5 Maret 2015 07:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ternyata, orang kidal menyimpan 6 fakta unik ini Ilustrasi kidal. www.smithsonianmag.com

Merdeka.com - Selama ini tangan kanan merupakan bagian tangan yang paling sering digunakan untuk beraktivitas. Sementara tangan kiri dianggap sebagai pendukungnya. Namun ternyata 1 dari 10 orang sering menggunakan tangan kiri mereka untuk beraktivitas atau yang biasa disebut dengan kidal.

Banyak anggapan yang menyebutkan bahwa mereka yang kidal dianggap lebih pintar dan kreatif daripada rekan mereka. Benarkah demikian? Dilansir dari care2.com, inilah fakta tentang kidal yang sesungguhnya.

  • Apakah Anda sering mendengar orang kidal memiliki umur yang lebih pendek daripada orang tidak kidal? Well, hal tersebut nyatanya salah. Sebab sama sekali tidak ada hubungannya antara kidal dengan usia seseorang.
  • Orang kidal belum tentu lebih pintar daripada rekan-rekan tangan kanan mereka, tetapi mereka memiliki keunggulan yang berbeda dalam beberapa jenis kecerdasan. Misalnya, orang kidal biasanya skor yang lebih tinggi daripada mereka yang normal dalam keterampilan spasial, kemampuan untuk memproses beberapa potongan informasi sekaligus dan menyesuaikan diri dengan cara berpikir yang baru, serta lebih berinovasi.
  • Mereka yang terlahir kembar memiliki 2 kali kemungkinan untuk kidal.
  • Tak hanya manusia, ternyata hewan pun bisa kidal.
  • Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Yale Child Study Center menemukan hubungan yang mengejutkan antara kidal dan skizofrenia. Meskipun hanya sekitar 10 persen dari populasi umum yang kidal, 40 persen dari orang kidal mengalami skizofrenia.
  • Sampai saat ini masih belum ditemukan hasil yang jelas kenapa orang bisa kidal. Beberapa peneliti menemukan bahwa genetik menjadi salah satu faktornya

Itulah beberapa fakta unik tentang orang kidal yang selama ini jarang untuk Anda ketahui. Menarik bukan? [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini