KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ternyata, menyikat gigi dengan menggosok atas bawah salah!

Selasa, 7 Juli 2015 06:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi menggosok gigi. ©2012 brushingyourteeth.com

Merdeka.com - Menyikat gigi merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Ya, menjaga kebersihan mulut dan gigi sangatlah penting sebab mulut Anda merupakan tempat strategis bagi kuman untuk masuk dan berkembang biak. Jika Anda jarang membersihkannya, maka kuman akan menggerogoti kesehatan gigi Anda dan membuatnya sakit, nyeri, serta berlubang.

Pertanyaannya, apakah Anda selama ini sudah membersihkan gigi Anda dengan benar? Dilansir dari dailymail.co.uk, ternyata cara menyikat gigi dengan gerakan menyikat ke atas dan ke bawah tidaklah benar. Sebab cara ini akan menyembunyikan kuman di dalam gusi Anda. Dan saat kuman tersebut berkembang biak, gusi Anda bisa mengalami infeksi dan pendarahan.

Lantas bagaimana cara menyikat gigi dengan benar? Masih dari penelitian tersebut, Anda disarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar. Anda juga disarankan untuk membersihkan gigi Anda dengan menyikatnya melalui beberapa bagian seperti gigi bagian depan, gigi bagian belakang, gigi bagian atas, gigi bagian bawah, dan di sela-sela gigi. Jika Anda biasanya hanya menggosok gigi dengan waktu 2 menit atau kurang, maka penelitian ini menganjurkan Anda untuk menggosok gigi setidaknya selama 5 menit.

"Selain tips di atas, kami juga menganjurkan Anda untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang tidak terlalu lembut. Memang, bulu yang lembut terasa nyaman. Namun bulu jenis ini tidak mampu membersihkan gigi secara maksimal. Bakteri dan kotoran yang menumpuk tidak akan mampu dibersihkan secara maksimal," jelas Dr Okoye dari London Smiling Dental Group.

Jadi, sudahkah Anda menggosok gigi Anda dengan benar? [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.