Ternyata kopi memiliki efek sama seperti morfin

Senin, 26 Januari 2015 17:25 Reporter : Kun Sila Ananda
Ternyata kopi memiliki efek sama seperti morfin Ilustrasi kopi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Shaiith

Merdeka.com - kopi terkadang memang bisa menimbulkan kecanduan, namun tentu semua orang tak berpikir bahwa kopi memiliki efek sama dengan obat-obatan terlarang seperti morfin. Meski begitu, penelitian dari University of Brasilia (UnB) dan perusahaan Embrapa menemukan bahwa protein dalam kopi memiliki efek sama dengan morfin.

Penelitian ini mengungkap salah satu protein dalam kopi yang bernama peptides. Protein ini ternyata memiliki efek sama seperti morfin. Dengan kata lain, peptides memiliki efek bisa menenangkan (sedatif) seperti yang diberikan oleh morfin, seperti dilansir oleh Health Site (25/01).

"Peptides memiliki efek yang lebih lama saat diujicobakan pada tikus," ungkap peneliti.

Hasil ini didapatkan setelah kedua institusi meneliti tujuh jenis peptides. Peneliti menemukan adanya protein ini pada kopi ketika salah satu peneliti Felipe Vinecky melakukan pengamatan dalam kombinasi gen kopi untuk meningkatkan kualitasnya.

Meski dalam kopi diketahui terdapat protein yang bisa menyebabkan efek seperti morfin, namun tak diketahui apakah efeknya sangat besar terhadap manusia. Tak diketahui juga apakah ini protein ini akan menimbulkan efek ketagihan pada orang yang mengonsumsi kopi. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kopi
  3. Penelitian Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini