Ternyata, gelatin menyimpan 6 manfaat sehat ini

Jumat, 31 Oktober 2014 19:33 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ternyata, gelatin menyimpan 6 manfaat sehat ini Ilustrasi gelatin. Shutterstock/phloen

Merdeka.com - Gelatin adalah bahan makanan protein yang berasal dari produk hewani. Biasanya gelatin banyak digunakan untuk bahan kue, obat-obatan, dan kosmetik. Tak hanya itu saja, gelatin ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat sehat dari gelatin yang wajib untuk Anda ketahui.

Mendukung kesehatan rambut, kuku, dan kulit

Sebagian besar gelatin terbuat dari protein yang disebut dengan glisin dan prolin. Keduanya mengandung asam amino yang penting untuk produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri baik untuk membangun jaringan kulit, mengencangkan kulit, dan produksi sel kulit. Selain itu, gelatin juga merupakan sumber kalsium yang baik. Magnesium dan fosfor di dalamnya baik untuk kesehatan kuku dan rambut.

Mencegah keriput

Kekurangan kolagen adalah penyebab utama dari munculnya keriput. Prolin di dalam kolagen sendiri baik untuk merangsang produksi kolagen dan melindungi tubuh dari radiasi UV.

Menyehatkan pencernaan

Gelatin bermanfaat untuk menenangkan dan memperbaiki pencernaan terutama yang berkaitan dengan sekresi lambung. Selain itu gelatin mampu memperbaiki lapisan mukosa di perut dan membantu penyerapan air untuk menjaga cairan dalam saluran pencernaan.

Menyehatkan tulang dan sendi

Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh karena konsumsi gelatin tidak hanya baik untuk kulit, namun juga untuk kesehatan tulang dan sendi Anda. Mengonsumsi gelatin mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan sendi, serta memperkuat tulang.

Meningkatkan kualitas tidur

Glisin yang terkandung di dalam gelatin baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Sebab zat alami ini mampu mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih tenang.

Menurunkan berat badan

Gelatin yang terbuat dari protein ini banyak dikonsumsi oleh para atlit atau binaragawan untuk menurunkan berat badan mereka dan membentuk otot. Selain ini bahan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme.

Walaupun kurang familiar sebagai makanan sehat, ternyata galatin mampu memberikan manfaat sehat untuk tubuh Anda. Tertarik untuk mencobanya? [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Makanan Sehat
  4. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini