Terlihat sehat, 7 makanan ini simpan efek buruk bagi tubuh

Sabtu, 9 Januari 2016 16:13 Reporter : Siti Rutmawati
Terlihat sehat, 7 makanan ini simpan efek buruk bagi tubuh ilustrasi makanan sehat. ©www.newsnish.com

Merdeka.com - Makanan yang kaya nutrisi memang baik untuk kesehatan. Bagaimanapun juga, ini bukanlah alasan yang tepat untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Ini karena beberapa makanan bernutrisi tersebut juga memiliki efek samping yang tak disukai oleh tubuh. Nah, agar kamu bisa lebih bijaksana dalam mengonsumsi makanan sehat, berikut ini adalah tujuh makanan sehat yang ternyata menyimpan efek buruk bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Wortel

Ilustrasi wortel ©Shutterstock.com/George Dolgikh

Wortel mengandung beta karoten, yaitu senyawa organik yang memberikan warna jingga pada wortel, dan juga makanan lain seperti labu dan ubi jalar. Ketika wortel dikonsumsi secara berlebihan, dia dapat menyebabkan kulit kamu terkesan berwarna oranye.

2. Minum kopi

ilustrasi kopi dengan gula dan susu ©uhdwallpapers.org

Mengonsumsi terlalu banyak kopi setiap hari dapat membuat kamu kecanduan. Meskipun telah banyak ahli yang menunjukkan manfaat sehatnya, tetapi mengonsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan skizofrenia.

3. Minum teh

ilustrasi teh ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Teh dan kopi memberitahu tubuh kamu untuk mulai berkeringat yang merupakan mekanisme alami tubuh untuk memulai pendinginan. Kondisi ini akan membuat tubuh kamu menjadi dingin.

4. kedelai

Ilustrasi kedelai ©Shutterstock.com/R. Kongmuang

Kedelai memiliki pengaruh yang serius pada pria. Mengonsumsi terlalu banyak kedelai dari hari ke hari dapat menyebabkan jumlah sperma pria menjadi lebih rendah. Dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi lebih sedikit kedelai.

5. Brokoli

Ilustrasi brokoli Shutterstock/al1962

Brokoli dan juga kembang kol mengandung bahan kimia yang disebut dengan goitrogens. Bahan kimia ini dapat mengacaukan fungsi kelenjar tiroid. Sehingga mengonsumsi makanan sehat ini secara berlebihan dapat berujung pada hipotiroidisme. Penyakit ini menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut seperti obesitas dan penyakit jantung.

6. Tomat

Ilustrasi tomat Ilustrasi tomat

Tomat memiliki rasa yang asam. Keasaman buah ini dapat menyebabkan perut kamu terasa mulas dan perasaan gelisah tanpa sebab. Jadi, pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi buah sehat ini.

7. Kacang-kacangan

ilustrasi kacang-kacangan © zeenews.india.com

Makan sehat yang satu ini mengandung senyawa tyramine yang cukup tinggi. Senyawa ini dihasilkan oleh adanya pemecahan asam tirosin. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga menyebabkan sakit kepala.

Selain makanan di atas, asparagus cukup patut dimasukkan dalam daftar makanan sehat yang harus diwaspadai. Asparagus mengandung senyawa sulfur yang disebut merkaptan. Bila dikonsumsi, senyawa ini akan menyebabkan bau tubuh mirip seperti sigung. [SRA]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini