Terganggunya siklus menstruasi, efek buruk dari pil KB

Minggu, 10 Juli 2016 09:21 Sumber :
Terganggunya siklus menstruasi, efek buruk dari pil KB ilustrasi pil KB. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Kenapa saya setelah memakai KB suntik, kok nggak datang bulan? di cek nggak hamil tuh. Tapi kenapa nggak datang bulan? Dulu saya pakai pil, lancar2 aja haid nya. (dheya chanel)

Jawaban

Suntik KB adalah salah satu alat kontrasepsi hormonal. Salah satu efek samping suntik KB yaitu terganggunya siklus menstruasi, menstruasi memanjang, perdarahan di antara siklus menstruasi hingga tidak menstruasi. Apabila suntik KB dihentikan, diperlukan waktu beberapa bulan hingga 1 tahun agar kesuburan dapat kembali dan dapat hamil.

Anda tidak perlu khawatir karena kesuburan Anda akan kembali. Anda juga dapat hamil, namun diperlukan waktu agar Anda bisa hamil.

Sehingga jika memang Anda ingin segera mendapatkan menstruasi, maka Anda dapat memerikskan diri anda kepada dokter kandungan agar diberikan obat untuk memperlancar menstruasi Anda.

Dijawab oleh dr. Deffy

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Umum. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini