Temukan Orang yang Dapat Memberi Rasa Aman untuk Kurangi Masalah Kesehatan Mental

Minggu, 13 Desember 2020 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Temukan Orang yang Dapat Memberi Rasa Aman untuk Kurangi Masalah Kesehatan Mental Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/MitarArt

Merdeka.com - Setiap orang memiliki masalah kesehatan mental yang berbeda-beda satu sama lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredam masalah ini adalah dengan menemukan orang yang bisa memberi rasa aman serta memaksimalkan kebersamaan dengannya.

Kebanyakan orang mendapatkan rasa aman yang paling utama adalah dari orangtua. Perasaan aman atau dasar psikis kepercayaan seseorang ini dibentuk sejak kecil.

Rasa aman tersebut kemudian dipupuk dengan perlindungan-perlindungan sederhana yang terus diberikan orangtua sehingga tertanam dalam batin seseorang dan terbawa hingga dewasa. Dan, itu baik bagi kesehatan mental.

Menurut dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Mahaputra, penanaman rasa aman sering juga disebut dengan istilah pelekatan aman.

“Ini dibentuk oleh pengalaman diri kita dengan pengasuh kita saat masa perkembangan,” ujar Mahaputra dalam webinar PDSKJI beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, memaksimalkan waktu dengan orang yang memberi rasa aman dapat membantu meredam masalah-masalah termasuk yang terkait dengan kesehatan mental.

“Yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan waktu kita dengan orang yang memberi kita rasa aman, yang tidak menambah kecemasan,” kata Mahaputra.

Baca Selanjutnya: Cara Memaksimalkan Waktu dengan Pemberi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini