Tebak penyakit yang kamu derita dari warna kotoran telinga

Kamis, 6 Juli 2017 04:09 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tebak penyakit yang kamu derita dari warna kotoran telinga Kotoran telinga. boldsky.com

Merdeka.com - Demi menjaga kesehatan, tentu kamu harus rajin melakukan perawatan dan pembersihan diri bukan? Salah satunya yang sering didengungkan adalah rajin membersihkan kotoran telinga.

Kotoran telinga yang juga dikenal sebagai serumen ini mengendap di kanal telinga, kebanyakan pada mamalia termasuk manusia. Meski terlihat menjijikkan, kotoran telinga memiliki fungsi untuk melumasi telinga dan 'menangkap' debu, mikroba, atau bahkan serangga kecil lainnya yang akan masuk ke dalam lubang telinga.

Earwax atau kotoran telinga yang terdiri dari asam lemak ini ternyata juga memiliki fungsi untuk menunjukkan gejala penyakit yang bisa diderita manusia, lho. Dilansir dari boldsky.com, ini dia penjelasannya.

1 dari 7 halaman

Kuning

Kotoran telinga. boldsky.com

Jika kamu memperhatikan bahwa kotoran telingamu berwarna kuning, sedikit basah, dan lengket maka hal ini berarti bahwa telingamu sehat sempurna dan kanal pendengaranmu terbebas dari infeksi.

2 dari 7 halaman

Abu-abu

Kotoran telinga. boldsky.com

Kotoran telinga berwarna abu-abu? Well, hal ini bisa saja terjadi. Saat kotoran telingamu berwarna sedikit abu-abu dan basah atau lengket, berarti telingamu sedang mengeluarkan kotoran tertentu. Namun jika kotoran keabu-abuan ini kering, rapuh, dan muncul rasa gatal maka bisa jadi ini adalah tanda eksim.

3 dari 7 halaman

Kuning pucat

Kotoran telinga. boldsky.com

Kotoran telinga berwarna kuning pucat yang terjadi pada anak-anak di bawah usia 8 tahun adalah hal yang normal. Namun jika terjadi pada orang dewasa, maka itu adalah tanda kekurangan vitamin B.

4 dari 7 halaman

Cokelat gelap

Kotoran telinga. boldsky.com

Jika kotoran telingamu berwarna cokelat tua dan lengket, maka bisa jadi ini adalah tanda kelebihan keringat. Kotoran telinga dengan tekstur seperti ini juga bisa jadi gejala awal dari hipertensi atau kolesterol tinggi.

5 dari 7 halaman

Cokelat gelap dan tebal

Kotoran telinga. boldsky.com

Kotoran telinga dengan warna cokelat gelap dan tebal bisa terjadi karena gangguan hormonal yang disebabkan oleh stres atau gangguan kecemasan.

6 dari 7 halaman

Encer

Kotoran telinga. boldsky.com

Kotoran telingamu bertekstur encer atau sangat basah seperti air? Bisa jadi itu adalah tanda kerusakan gendang telinga dan kamu perlu penanganan medis untuk mengobatinya.

7 dari 7 halaman

Berdarah

Kotoran telinga. boldsky.com

Kotoran telinga yang berwarna merah atau muncul bekas darah saat kamu mengoreknya adalah gejala dari tanda kerusakan gendang telinga atau infeksi telinga yang sangat parah.

Tak disangka ternyata kotoran telinga pun bisa menjadi alat untuk mendeteksi kesehatan tubuh. Jadi, seperti apakah warna dan tekstur kotoran telingamu? [feb]

Baca juga:
Pendengaran tak lagi tajam? Coba tetesi dengan cairan ini
Tekan 6 titik ini di telinga dan lihat yang terjadi di tubuhmu
Ini efek ngeri jika ngotot bersihkan telinga dengan cotton buds
Telinga berdenging seperti kemasukan lebah? Itu namanya tinnitus

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini