Tanpa pilih makanan, 5 trik ini bantu turunkan berat badan

Senin, 18 Januari 2016 14:13 Reporter : Siti Rutmawati
Tanpa pilih makanan, 5 trik ini bantu turunkan berat badan ilustrasi porsi kecil. ©abcnewsradioonline.com

Merdeka.com - Sudah sering mencoba berbagai jenis diet, tetapi masih saja gagal turunkan berat badan kamu. Mungkin saja ada yang salah dalam cara kamu menjalankan diet tersebut. Diet, terutama yang berkaitan dengan berat badan sebagian besar terkait dengan jumlah kalori yang kamu asup.

Jadi, apapun jenis makanannya, jika kamu tetap mengonsumsi kalori berlebih, maka diet kamu akan jauh dari kata berhasil. Nah, agar kamu tak bingung dan repot, kamu bisa melakukan lima trik ini. Melansir dari huffington.com, berikut ini merupakan lima trik sederhana yang bantu kamu mengonsumsi kalori lebih sedikit, tanpa mengubah menu favorit kamu

1. Mewadahi camilan

Bagi orang-orang yang tengah berada dalam diet, mereka cenderung khawatir untuk mendapatkan camilan. Camilan sebenarnya tak bersalah dalam hal ini. Permasalahan umum yang terjadi justru terletak pada diri kamu yang sulit menahan diri untuk tidak menghabiskan sekantung camilan yang kamu punya. Untuk mengatasi itu, kamu bisa mencoba strategi baru dengan mewadahi camilan kamu pada piring. Cara ini akan lebih memuaskan sekaligus membantu kamu mengontrol jumlah camilan yang kamu nikmati.

2. Makan dengan piring kecil

Porsi makan bisa dikatakan sebagai salah satu dalang yang merusak diet kamu. Trik sederhana yang bisa kamu pakai adalah membiasakan diri mengonsumsi makanan pada piring kecil. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan di atas piring kecil membantu mengurangi asupan kalori. Mulai sekarang, cobalah untuk menggunakan piring dengan diameter 30% lebih kecil dibandingkan dengan piring yang biasa kamu gunakan.

3. Peralatan makan warna biru

Terdengar sedikit aneh, kan? Tetapi penelitian menunjukkan bahwa warna makanan yang kontras dengan warna piring (atau peralatan makan lainnya) berefek pada pengurangan asupan kalori. Warna biru direkomendasikan karena tidak banyak makanan yang berwarna biru. Inti sebenarnya adalah memilih warna peralatan makan yang kontras dari warna makanan kamu.

4. Lewati acara berbau makanan

Penelitian menunjukkan bahwa iklan atau acara televisi berbasis makanan ternyata berefek pada selera makan seseorang. Ini bukan berarti iklan atau acara televisi yang menayangkan makanan membuat kamu memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan yang ditayangkan tersebut. Tetapi, iklan atau acara televisi terkait makanan mendorong kamu untuk mendapatkan camilan. Ini semacam iklan atau acara televisi tersebut mendorong kamu merasa lapar.

5. Mengunyah makanan hingga halus

Ini adalah trik paling sederhana dan mudah untuk kamu lakukan. Mengunyah makanan hingga halus tentu saja akan membuat kamu mengunyah makanan dengan lebih lambat. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah makanan lebih lama akan membuat seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori. Cobalah mulai sekarang untuk mengunyah makanan kamu menjadi lebih halus. Cara ini akan membuat kamu merasa lebih kenyang dengan porsi kecil.

Cara yang sangat mudah, bukan? Satu trik yang tak boleh kamu lupakan adalah, mencoba untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup telah dibuktikan terkait dengan efektivitas dalam bekerja. [SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini