Tanaman beracun adalah obat kanker yang baru?

Jumat, 13 Juli 2012 22:53 Reporter : Rizqi Adnamazida
Tanaman beracun adalah obat kanker yang baru? Tanaman beracun thapsia garganica. ©2012 Merdeka.com/arpaktiko.org

Merdeka.com - Setiap hal di dunia ini pasti memiliki manfaat, meski itu tanaman beracun sekalipun. Buktinya, tanaman dengan nama latin thapsia garganica ini berhasil dibuktikan oleh para ahli dari Johns Hopkins bisa membunuh tumor ganas pada tikus percobaan. 

Memang sejak dulu, tanaman tersebut beracun bagi hewan-hewan yang memakannya. Di Arab, tanaman itu diberi julukan 'wortel pembunuh' karena unta yang makan thapsia garganica akan meninggal.

Tim peneliti bekerja sama dengan para ahli dari Denmark untuk mengembangkan obat yang mampu mengalir melalui pembuluh darah. Obat tersebut kemudian tidak akan terdeteksi oleh sel normal sampai protein sel kanker tertentu di dalamnya diaktifkan. Pihak Johns Hopkins Kimmel Cancer Center menyebutkan obat tersebut sebagai 'granat molekul' yang hanya akan menargetkan sel sakit dan membiarkan sel sehat tetap bekerja dengan baik.

"Tujuan kami adalah mencoba untuk mengolah tanaman beracun menjadi produk obat yang bisa digunakan untuk melawan kanker pada manusia," tutur kepala peneliti, Samuel Denmeade, seperti yang dikutip dari Third Age (12/07).

"Kami bisa menciptakan obat seperti ini dengan cara menciptakan format yang bisa dimodifikasi oleh sel untuk mengaktifkan obat itu sendiri," tambahnya.

Studi ini pun telah diterbitkan dalam Science Translational Medicine. Meski tanaman beracun thapsia garganica memang bisa membunuh sel kanker, bukan berarti tumbuhan beracun tersebut bisa langsung dimakan! Sebab para peneliti masih berusaha mengembangkan obat yang lebih efektif dan tidak membahayakan bagian tubuh sehat yang lain. Well, just be patient then! [riz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini