Tak selamanya makan emping bikin asam urat meningkat!

Rabu, 23 September 2015 09:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tak selamanya makan emping bikin asam urat meningkat! Ilustrasi emping. andungida.wordpress.com

Merdeka.com - Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar kata asam urat? Rasa ngilu berlebihan di tulang serta urat Anda? Jika Anda sudah pernah merasakan atau mengalaminya, Anda pasti setuju dengan hal tersebut. Oleh sebab itulah Anda menghindari segala macam faktor yang bisa membuat penyakit ini kembali.

Ada banyak hal yang bisa membuat penyakit asam urat seseorang kambuh kembali. Selain udara dingin, konsumsi kacang-kacangan termasuk emping juga dapat membangkitkan kembali rasa nyeri ini.

Ya, kacang sering dituduh sebagai penyebab asam urat. Sebab kandungan purin yang tinggi di dalamnya akan semakin meningkatkan kadar asam dalam tubuh.

Namun nyatanya tak semua sumber pangan nabati yang tinggi akan purin berhubungan dengan meningkatkan risiko asam urat. Sebab kandungan purin dalam makanan nabati lebih rendah daripada makanan hewani. Jadi, ketika Anda terserang asam urat lebih baik Anda mengingat-ingat kembali produk hewani apa yang sudah Anda konsumsi dan bagaimana dampaknya pada tubuh Anda.

Selain itu, untuk Anda yang kadar asam uratnya sudah termasuk tinggi memang tidak ada salahnya jika Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang tinggi purin. Membatasi konsumsi makanan seperti hati ayam, jerohan lainnya, dan daging merah sangat disarankan. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini