Tak selalu banyak minum air itu sehat, ini alasannya

Jumat, 13 Januari 2017 11:22 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tak selalu banyak minum air itu sehat, ini alasannya Ilustrasi minum air putih. ©Shutterstock.com/BestPhotoStudio

Merdeka.com - Air dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Sebabnya sebagian besar dari anggota tubuh berisi cairan.

Minum banyak air juga akan membantumu untuk mengeluarkan semua kotoran atau racun dari dalam tubuh dan menghindarkanmu dari dehidrasi. Itulah sebabnya banyak saran kesehatan yang mengatakan bahwa kamu harus menjaga asupan air minum dalam tubuhmu.

Lalu, bagaimana jika kamu minum terlalu banyak air? Apakah hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan? Berikut adalah penjelasannya.

  • Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, minum banyak air bisa mengganggu keseimbangan kadar mineral dan garam dalam tubuh. Ketika kadar natrium di bawah normal kamu bisa berisiko tinggi untuk terkena hiponatremia yang membuat sel tubuh membengkak.
  • Kemudian beberapa orang yang gemar olahraga dan sering minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang juga bisa terkena dilusional-hiponatremia.
  • Beberapa efek lain dari minum banyak air adalah sakit kepala, kram otot, mudah merah, mudah bingung, dan lemas.
  • Pada beberapa orang, efek dari minum terlalu banyak air bisa menyebabkan muntah, nafsu makan berkurang, mual, halusinasi, serta pembengkakan di otak.
  • Saat kamu minum banyak air, ginjal juga bisa mengalami tekanan yang bisa memunculkan masalah kesehatan baru sebab tubuh manusia hanya bisa membuang cairan sekitar 400-500 ml per jam. Jadi bisa dibayangkan jika kamu minum banyak air, maka kerja ginjal akan semakin berat.

Minum air putih memang penting. Namun jangan terlalu banyak pula sebab malah bisa membahayakan tubuh. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini