Tak Hanya Perempuan, Laki-Laki Juga Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual

Selasa, 12 Januari 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tak Hanya Perempuan, Laki-Laki Juga Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual Ilustrasi stres. Shutterstock/luxorphoto

Merdeka.com - Banyak orang menganggap bahwa kekerasan seksual hanya bisa dialami oleh perempuan. Faktanya, hal ini bisa dialami baik oleh perempuan maupun laki-laki.

Pada kenyataanya, kekerasan seksual juga dapat terjadi dengan laki-laki sebagai korban. Pelakunya pun bisa perempuan atau sesama jenis.

Hal ini dialami langsung oleh AR (24). Sebagai penyintas kekerasan seksual sesama jenis, AR mengaku sempat trauma dan marah karena tidak berani menceritakan kejadian tersebut kepada siapapun.

Salah satu alasan AR tidak langsung terbuka atau speak up adalah karena anggapan atau stigma sebagian masyarakat terkait kekerasan seksual pada laki-laki masih keliru.

“Seharusnya paham-paham yang bilang ‘laki-laki itu kuat’ atau ‘nggak mungkin cowok kena pelecehan seksual’ mulai dikikis biar hilang, laki-laki atau perempuan sama saja,” ujar AR dilansir dari Health Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini, masyarakat terutama lingkungan keluarga harus terbuka dengan edukasi seks agar mengerti dan dapat membentengi diri, keluarga, dan orang terdekat dari tindakan yang tidak diinginkan.

“Mungkin awalnya dari lingkungan keluarga dengan membangun pola asuh anak supaya lebih terbuka ke orangtua atau keluarga,” jelas AR.

“Terus pendidikan seksual di masyarakat harusnya nggak lagi dianggap tabu, karena perundungan, atau pengucilan terhadap korban pelecehan seksual terjadi salah satunya karena minimnya pendidikan seksual,” sambungnya.

Baca Selanjutnya: Contoh Lain Stigma Masyarakat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini