Tak hanya dari susu sapi, yogurt susu kedelai juga tak kalah sehat

Rabu, 23 Desember 2015 17:34 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi yogurt. Shutterstock/mama_mia

Merdeka.com - Yogurt adalah makanan sehat yang basisnya terbuat dari susu yang difermentasikan. Kandungan bakteri probiotik di dalamnya mampu membersihkan pencernaan Anda sehingga pencernaan pun menjadi lebih sehat. Jika pencernaan Anda sehat, maka sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Seperti dilansir dari indiatimes.com, ada beberapa jenis yogurt sehat yang harus Anda ketahui. Berikut adalah daftarnya.

Yogurt whole-milk

Yogurt jenis ini terbuat dari 100% susu sapi. Karena terbuat dari susu sapi asli, maka yogurt ini tinggi akan kalsium dan vitamin D di dalamnya sehingga selain baik untuk kesehatan pencernaan juga baik untuk kesehatan tulang. Yogurt ini juga tidak mengandung bahan pengental atau aditif yang digunakan untuk mencapai konsistensi rasa yang tepat.

Yogurt soya

Sama seperti namanya, yogurt soya terbuat dari susu kedelai yang difermentasikan. Yogurt ini cocok untuk dikonsumsi mereka yang menjadi vegetarian. Kandungan bakteri di dalam yogurt soya sama dengan yogurt susu namun kandungan lemak jenuhnya lebih rendah daripada yogurt susu. Di sisi lain, para ahli kesehatan mengatakan bahwa yogurt ini cenderung mengandung tepung seperti tepung maizena.

Yogurt bebas laktosa

Yogurt jenis ini cocok untuk dikonsumsi mereka yang alergi dengan produk olahan susu sebab yogurt bebas laktosa terbuat dari susu sapi yang sapinya sendiri telah dirawat sedemikian rupa untuk memecah laktosa di dalamnya. Yogurt ini sendiri juga tetap tinggi akan kalsium, protein, dan probiotik.

Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak mengandung kalium dengan dosis yang sehat sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan melawan efek dari sodium. Selain itu rendahnya kalium di dalam yogurt ini juga bermanfaat untuk menurunkan risiko batu ginjal serta pengeroposan tulang.

Selain jenis yogurt sehat di atas, ada jenis yogurt lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Jenis yogurt tersebut adalah yogurt yang berperasa tambahan. Sebab yogurt ini mengandung rasa dan gula tambahan yang malah mampu merusak kebaikan dari yogurt itu send [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini