Tak Hanya dalam Hubungan, Kekerasan Seksual Juga Bisa Terjadi dalam Pertemanan

Rabu, 16 Desember 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tak Hanya dalam Hubungan, Kekerasan Seksual Juga Bisa Terjadi dalam Pertemanan Ilustrasi depresi. ©2012 Merdeka.com/shutterstock/Stokkete

Merdeka.com - Kekerasan seksual yang menimpa seseorang tidak hanya dapat terjadi pada relasi suami-istri dan pacaran saja. Faktanya, kekerasan seksual ini juga bisa terjadi pada hubungan pertemanan.

Menurut ahli hukum dari Universitas Indonesia Dr. Lidwina Inge Nurtjahyo, S.H., M.Si relasi pacaran dan pertemanan adalah relasi antara dua pihak dalam rangka proses perkenalan pribadi masing-masing.

“Ini adalah upaya membangun interaksi dan komunikasi yang baik tapi penting diingat, ada istilah front stage dan back stage,” ujar Lidwina dalam webinar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Istilah front stage dan back stage mengacu pada kepribadian seseorang di depan dan di belakang. Lidwina mengumpamakan istilah ini dengan idol K-Pop yang terlihat cantik, tampan, dan bahagia di depan penonton namun di belakang panggung beda cerita.

“Misalnya bertemu laki-laki yang ramah dan sopan di awal-awal, tapi ternyata sifat aslinya apakah laki-laki itu benar seseorang yang penyabar atau tidak,” terangnya.

Baca Selanjutnya: Keberlanjutan Relasi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kesehatan Mental
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini