Tak hanya bikin mabuk, alkohol juga bisa sebabkan sembelit

Senin, 21 November 2016 10:29 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tak hanya bikin mabuk, alkohol juga bisa sebabkan sembelit ilustrasi sembelit. ©www.healthxchange.com.sg

Merdeka.com - Seperti yang sudah kamu tahu bahwa minuman beralkohol mampu membuatmu mabuk hingga hilang kesadaran. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan juga dapat merusak kesehatan mental dan fisikmu.

Sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com menemukan satu lagi kerugian dari konsumsi alkohol yaitu bisa menyebabkanmu sembelit atau masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

"Meski dikonsumsi dalam jumlah terbatas, asupan alkohol mampu menyebabkan dehidrasi internal. Akibatnya cairan internal perut yang diproduksi akan berkurang secara drastis dan mengarah ke pengerasan tinja yang menyebabkan sembelit. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa minuman beralkohol akan meningkatkan kadar asam dalam perut yang menjadi salah satu penyebab sembelit," terang penelitian ini.

Well, bertambah lagi satu alasan kenapa kamu dilarang untuk minum minuman beralkohol. Selain sembelit, beberapa efek sampingnya adalah sakit kepala, mual, sakit maag, penurunan sistem kekebalan tubuh, infeksi jamur, nyeri tubuh, hingga depresi. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini