Suntik Botox, solusi redakan sakit bagi penderita kanker

Rabu, 30 Oktober 2013 21:02 Reporter : Rizqi Adnamazida
Suntik Botox, solusi redakan sakit bagi penderita kanker Ilustrasi suntik Botox. ©Shutterstock/Iuliia Gusakova

Merdeka.com - Botox dikenal sebagai metode suntik untuk mengurangi keriput di wajah. Namun penelitian terbaru dari Sheffield University menemukan kalau suntik botok juga menjadi solusi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri bagi penderita kanker.

Selain itu, suntik Botox ternyata ampuh mengatasi sakit punggung kronis, wanita yang baru saja melahirkan secara Caesar, dan meredakan nyeri sendi.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, sekali suntik, rasa nyeri akibat berbagai masalah kesehatan tersebut mampu menghilang selama beberapa bulan.

Bahan utama Botox yang mencegah keriput sebenarnya berasal dari racun bakteri bernama botulinum. Senyawa ini ampuh mencegah sistem saraf 'mencuri' otot, sehingga titik bekas otot berubah menjadi keriput.

"Botox bisa disuntikkan ke bagian tubuh mana saja yang terasa nyeri akibat penyakit tertentu. Ketika rasa sakit itu mereda, pasien bisa melakukan perawatan secara normal dan mempercepat proses penyembuhan," tutur peneliti.

Peneliti sampai saat ini masih melakukan uji coba pada hewan laboratorium. Jika uji coba pada manusia dalam skala besar berhasil dilakukan, Botox dalam bentuk obat itu akan tersedia di pasaran setidaknya tiga tahun ke depan.

Baca juga:
Deodoran dapat memancing kanker payudara?
Tweeting Bra, bra khusus yang terhubung dengan Twitter
Tiap kali dilepas, bra ini bakal berkicau sendiri
Wanita kulit hitam lebih rentan terkena kanker payudara?
9 Pola hidup inilah yang dapat memicu kanker payudara [riz]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penelitian
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini