Stop! 5 Kebiasaan minum yang salah

Sabtu, 29 Agustus 2015 07:06 Sumber :
Stop! 5 Kebiasaan minum yang salah Ilustrasi minum. © Bgsu.edu

Merdeka.com - Setiap hari tentu Anda minum air putih. Tujuannya pun Anda tahu yaitu untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Namun, apakah caranya sudah benar? Belum tentu. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan tidak sesederhana itu. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan banyak orang dalam rangka mencukupi kebutuhannya akan cairan. Inilah kesalahan-kesalahan itu, plus cara memperbaikinya.

1. Memaksa diri minum delapan gelas perhari

Anda mungkin sering mendapatkan saran untuk minum air putih sebanyak-banyaknya, yaitu delapan gelas setiap hari. Sekarang saatnya mengubah kebiasaan lama itu. Menurut Institute of Medicine di Amerika Serikat, rata-rata kebutuhan normal tubuh orang dewasa adalah 11,4 cangkir perhari. Angka ini bisa berubah tergantung ukuran tubuh, kegiatan harian, dan jenis makanan Anda. Orang yang rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air tidak perlu minum sebanyak mereka yang hobi makanan kering. Karena kebutuhan airnya akan tercukupi oleh makanan-makanan yang mereka konsumsi. Tidak disarankan juga untuk minum air putih banyak sekaligus, melainkan dicicil sedikit demi sedikit.

2. Minum saat olahraga bukan sebelumnya

Ya! Meski Anda sudah meneguk air putih beberapa kali sepanjang sesi latihan, terkadang Anda tetap merasa kurang cairan dan pusing. Ini terjadi karena sebelum olahraga tubuh Anda tidak cukup cairan. Maka itu, minumlah setidaknya empat gelas air sebelum mulai berolahraga. Setelah olahraga Anda juga disarankan untuk minum untuk menggantikan air yang keluar dalam bentuk keringat selama sesi latihan. [feb] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini