Sirsak bisa membunuh sel kanker? Yakin itu benar?

Senin, 20 April 2015 14:47 Reporter : Destriyana
Sirsak bisa membunuh sel kanker? Yakin itu benar? Ilustrasi sirsak. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/BrazilPhotos

Merdeka.com - Nama ilmiah dari buah sirsak adalah Annona muricata. Sampai sekarang belum ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa sirsak dapat digunakan sebagai obat kanker. Dalam sebuah studi laboratorium yang dilansir cancerresearchuk.org, ekstrak sirsak bisa membunuh beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker hati dan payudara.

Tetapi, belum ada studi skala besar yang dilakukan pada manusia. Jadi, kita belum tahu apakah sirsak benar-benar dapat digunakan sebagai obat kanker atau tidak. Banyak situs di internet mengiklankan dan mempromosikan kapsul sirsak sebagai obat kanker, namun tidak satu pun dari mereka yang didukung oleh organisasi kanker ilmiah terkemuka.

"Kami tidak mendukung penggunaan sirsak untuk pengobatan kanker. Saran kami adalah untuk lebih berhati-hati tentang informasi obat kanker dan semua jenis terapi kanker yang diiklankan di internet," tulis Cancer Research UK di situs resmi mereka.

Orang-orang di negara-negara Afrika dan Amerika Selatan telah menggunakan sirsak untuk mengobati infeksi virus atau parasit, rematik, arthritis, dan depresi. Hal iu dibuktikan lewat beberapa penelitian, yang mengungkapkan bahwa ekstrak sirsak bisa membantu untuk mengobati kondisi tersebut.

Di banyak negara, orang-orang menggunakan kulit kayu, daun, akar, dan buah dari pohon sirsak sebagai obat tradisional. Namun, konsumsi sirsak dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa efek samping yang negatif, termasuk membunuh sel-sel saraf di otak dan bagian lain dari tubuh.

Menurut laporan WebMD, konsumsi sirsak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan gerak yang mirip dengan penyakit Parkinson. Sirsak juga dikatakan bisa membuat gejala penyakit Parkinson menjadi lebih buruk. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini