Sirkulasi darahmu tak lancar? Kenali penyebab dan efeknya pada tubuh

Jumat, 17 Juni 2016 09:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Sirkulasi darahmu tak lancar? Kenali penyebab dan efeknya pada tubuh Ilustrasi lemas. ©shutterstock.com/Jochen Schoenfeld

Merdeka.com - Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan darah tak hanya berkisar pada jenis darah serta pembuluh darah saja. Sebab sirkulasi darah pun bisa menjadi potensi penyakit. Gangguan yang paling umum adalah peredaran darah yang tidak lancar.

Umumnya sirkulasi darah yang tak lancar terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Hal ini terjadi karena penumpukan plak kolesterol di sepanjang arteri darah yang kemudian membuat arteri menjadi mengeras dan menyempit.

Saat sirkulasi darahmu tak lancar, hal yang paling terlihat adalah wajah yang pucat atau kebiruan. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga akan mengurangi efektivitas tubuh untuk menyembuhkan luka dari dalam.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab dari tidak lancarnya aliran darah. Alasan utamanya adalah cedera radikal bebas di sistem peredaran darah, kekurangan nutrisi, serta banyaknya penumpukan racun asam dalam tubuh.

"Tak hanya itu saja yang menjadi penyebab dari tidak sehatnya sirkulasi darahmu. Merokok, masalah berat badan, diabetes, kurangnya berolahraga, kadar kolesterol dan tekanan darah yang meninggi, masalah tiroid, hingga kondisi sistem saraf tertentu juga bisa mengganggu kesehatan sirkulasi darah," tulis penelitian yang dilansir dari boldsky.com tersebut.

Jadi, kamu merasa sirkulasi darah dalam tubuhmu tak lancar? Coba cek penyebabnya dan jauhi agar tubuhmu selalu sehat. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini