Sesak Napas Tapi Tak Miliki Tabung Oksigen, Ini Hal yang Bisa Dilakukan

Kamis, 8 Juli 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sesak Napas Tapi Tak Miliki Tabung Oksigen, Ini Hal yang Bisa Dilakukan Tabung oksigen langka akibat lonjakan Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Mengganasnya infeksi COVID-19 di masyarakat serta ketakutan telah menyebabkan banyak tabung oksigen kini langka di pasaran. Hal ini tentu bisa berbahaya terutama pada pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Pada pasien yang melakukan isoman, tetap ada kemungkinan mereka mengalami sesak napas. Ketiadaan oksigen ini bisa membuat kondisi pasien memburuk jika tidak diatasi secara tepat.

"Sekarang oksigen menjadi barang yang sangat mahal dan langka, padahal jujur saja, Tuhan membuat oksigen ini secara gratis," kata dokter spesialis paru Praseno Hadi beberapa waktu lalu.

Praseno pun mengungkapkan ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh pasien COVID-19, apabila mengalami sesak napas, tetapi belum bisa dibawa ke rumah sakit atau tidak memiliki akses oksigen di rumah.

"Salah satu caranya adalah cobalah tidur tengkurap. Tidur tengkurap secara berkala. Lakukanlah selama satu jam atau setengah jam. Dilakukan berulang-ulang," kata dokter yang berpraktik di RSUP Persahabatan, Jakarta ini.

Baca Selanjutnya: Tidur Posisi Miring...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini