Sering mendengkur saat tidur? Bisa jadi itu tanda penyakit jantung

Selasa, 27 Oktober 2015 20:37 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Sering mendengkur saat tidur? Bisa jadi itu tanda penyakit jantung Ilustrasi mendengkur. Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Mendengkur saat tidur sering dianggap menjadi hal yang lumrah. Bahkan ada yang bilang bahwa mendengkur saat tidur menjadi tanda bahwa Anda terlalu capek. Namun tahukah Anda bahwa mendengkur bisa jadi tanda penyakit jantung sedang mengintai kesehatan tubuh Anda?

Dilansir dari jurnal Nutrifood Research center, ada suatu kondisi yang disebut dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) yaitu dengkuran yang membuat napas Anda terputus-putus saat tidur. Dalam jangka waktu lama, OSA mampu membuat Anda terkena penyakit jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang terkena OSa memiliki risiko untuk terkena serangan jantung 40% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap OSA.

Lebih lanjut, penelitian ini juga menjelaskan bahwa obesitas menjadi penyebab utama orang terkena OSA. Sebab saat Anda terkena obesitas, maka lemak dalam darah semakin mempersempit pembuluh darah sehingga membuat orang mudah untuk mendengkur saat tidur. Sehingga agar Anda terhindar dari bahaya ini, sebaiknya Anda yang mengalami kegemukan segera menurunkan berat badan. Karena saat berat badan Anda turun, maka tingkat kolesterol dan tekanan darah Anda juga turun.

Jadi, pasangan atau anggota keluarga Anda mendengkur saat tidur? Sebaiknya perhatikan hal tersebut, apakah akan menjurus ke OSA atau tidak. Jika ya, segera ganti pola hidup Anda menjadi lebih sehat agar serangan jantung tidak mengintai Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini