Sendawa Walau Tidak Baru Makan, Waspada Adanya Gejala Penyakit Ini

Rabu, 10 April 2019 08:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sendawa Walau Tidak Baru Makan, Waspada Adanya Gejala Penyakit Ini Ilustrasi bersendawa. lifefitness

Merdeka.com - Sendawa seringkali muncul usai perut seseorang sudah kenyang. Namun ketika hal ini muncul terus menerus walau kamu tidak baru selesai makan, kamu perlu mewaspadai gejala sakit mag.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin menjelaskan, sendawa yang terus menerus padahal perut belum makan menjadi tanda asam lambung naik.

"Habis makan terus sendawa ya normal. Yang enggak boleh itu kalau perut kosong laper, lalu sendawa. Berarti asam lambungnya naik ke atas," jelas Hendra saat ditemui di Senayan City, Jakarta.

Bila sendawa tersebut dibiarkan selama lima tahun, maka akan timbul penyakit mag jenis Barrett's esophagus. Barrett's esophagus adalah kondisi saat dinding saluran kerongkongan luka akibat teriritasi oleh asam lambung.

"Kalau sendawanya dibiarkan dan makin parah tidak sembuh-sembuh, terlebih lagi sulit menelan, berhati-hatilah. Mesti diendoskopi, dilihat perutnya ada apa," ujar Hendra, yang berpraktik di RS Pondok Indah-Puri Indah.

Dalam keadaan perut kosong, lantas sering sendawa artinya gas lambung naik ke bagian atas saluran pencernaan. Adapun gas lambung seharusnya keluar lewat saluran pencernaan bagian bawah.

"Gas lambung seharusnya keluar lewat saluran pencernaan bagian bawah, seperti lewat kentut. Kalau sendawa terus, asam lambung naik ke atas,” Hendra melanjutkan.

Pada tahap yang parah dan seseorang sudah terkena Barrett's esophagus, maka berisiko penyakit kanker lambung. Kondisi kerongkongan sudah lecet dan teriritasi oleh pH dari lambung, yang menimbulkan peradangan. Akibat peradangan, menimbulkan pendarahan yang berujung kanker lambung.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini