Sembilan cara alami untuk mengobati ambeien

Rabu, 11 Juli 2018 09:01 Reporter : Achmad Fajar Muzakki
Sembilan cara alami untuk mengobati ambeien mengobati ambeien. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi adalah ambeien. Penyakit ini terjadi karena terjadi sebuah tekanan terhadap pembuluh darah di daerah dubur, sehingga terjadi pembengkakan yang mengganggu keluarnya feses.

Penyakit ambeien bisa disebabkan karena susahnya buang air besar atau akibat duduk dalam keadaan yang sama, lama, dan sering. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan makan makanan terlalu pedas. Sebagian orang tidak melakukan cara mengatasi ambeien karena mereka menganggapnya sepele.

mengobati ambeien 2018 liputan6.com

Ketika seseorang menderita ambeien akan merasakan gejala berikut ini:

-Panas dan gatal pada anus atau dubur
-Adanya benjolan di anus
-Kesulitan buang air besar
-Kesakitan ketika buang air besar
-Keluarnya lendir ketika buang air besar
-Terkadang terjadi pendarahan ketika buang air besar
-Ketika Anda sampai pada tahap terjadi pendarahan ketika buang air besar, maka ambeien yang Anda alami sudah parah.

Ambeien memang tidak termasuk dalam kategori penyakit mematikan, namun bisa berakibat fatal jika infeksi ambeien meluas sehingga menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Oleh karena itu ambeien haruslah diobati. Jika masih belum parah, Anda bisa mengobati ambeien dengan cara alami dan cepat berikut ini seperti yang dirangkum Liputan6.com (9/7):

Cara mengobati ambeien secara alami
Tidak perlu terburu-buru untuk menghilangkan ambeien melalui cara operasi. Tanaman yang ada di sekitar Anda ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien seperti contoh berikut ini:

1. Cara mengobati ambeien dengan bawang putih



mengobati ambeien 2018 liputan6.com

Bawang putih tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Meskipun baunya yang tidak enak atau menyengat, bawang putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara mengobati ambeien. Bawang putih banyak mengandung gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Kandungan terbesar dalam bawang putih adalah allicin. Kandungan ini memiliki manfaat penting sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Maka tidak salah jika bawang putih merupakan cara mengobati ambeien yang efektif.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih:

Tumbuk halus 2 siung bawang putih.
Oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus.
Untuk melawan bakteri dari dalam, Anda bisa menggunakannya dengan cara meminum jus bawang putih setiap hari.
Mengoleskan pada benjolan ataupun meminumnya harus dilakukan dengan rutin agar benjolan ambeien segera kempes.

2. Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis

Kulit manggis juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh karena kulit manggis kaya akan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai anti-oksidan juga sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, anti-plasmodial. Turunan dari xanthone yang paling banyak terkandung pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Menurut penelitian, ke dua turunan senyawa xanthone itu bisa menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis adalah:

Keringkan kulit manggis terlebih dahulu.
Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut.
Minum air rebusan tersebut setiap hari.


3. Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Karena itu tidak salah jika Anda menggunakan daun sirsak sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak adalah:

Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral.
Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja.
Minum air rebusannya setiap pagi dan malam.

4. Cara mengobati ambeien dengan lidah buaya

Lidah buaya memang lebih sering dikaitkan pada dunia kecantikan seperti cara menyuburkan rambut dan cara memutihkan kulit. Namun tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang tidak kalah efektif. Zat yang terkandung pada lidah buaya juga berfungsi sebagai anti-oksidan dan detoksifikasi tubuh yang alami. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien dengan cara:

Ambil beberapa potong daun lidah buaya.
Cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, lalu diblender.
Minum jus ini dengan rutin setiap hari.

5. Cara mengobati ambeien dengan cocor bebek

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman cocor bebek. Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang mujarab. Hal ini dikarenakan banyak zat-zat dalam cocor bebek yang bermanfaat bagi tubuh antara lain glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin. Kandungan-kandungan itulah yang membuat cocor bebek berfungsi sebagai anti-peradangan yang mujarab.

Cara mengobati ambeien dengan menggunakan cocor bebek adalah:

Pertama, jemur dulu daun cocor bebek hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari.
Tumbuk hingga halus kemudian seduh seperti ketika Anda menyeduh teh.
Minum air seduhan tersebut.

6. Cara mengobati ambeien dengan daun ungu

Daun ungu atau daun handeuleum dengan nama latin Latya Graptophyllum pictum L.Griffith juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Hal ini karena daun ungu juga berguna sebagai anti-peradangan yang efektif. Kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai anti-inflamasi.

Caranya:

Rebus daun ungu secukupnya sampai matang.
Minum rebusan daun ungu tersebut setiap hari untuk mengempeskan benjolan atau ambeien yang terjadi.
7. Cara mengobati ambeien dengan bunga pagoda

Apakah Anda familier dengan bunga pagoda? Bunga yang seringkali kali kita incipi semasa kecil karena adanya rasa manis ini ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Bunga pagoda mengandung saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoida. Tiga kandungan inilah yang membuat bunga pagoda berfungsi sebagai anti-peradangan.

Caranya:

Petik beberapa bunga pagoda, kemudian rebus.
Setelah matang, minum air rebusannya.

8. Cara mengobati ambeien dengan akar kangkung

Kangkung yang biasa digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai sayuran ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien. Bukan daunnya yang kita perlukan, namun bagian batang hingga akarnya. Kangkung sendiri mengandung zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Tentu tidak salah dengan kandung yang kaya manfaat bagi tubuh itu juga berguna untuk mengobati ambeien.

Caranya:

Ambil batang dan akar kangkung, kemudian cuci bersih.
Rebus dengan 2 gelas air mineral hingga menyisakan 1 gelas air mineral.
Minum air rebusan tersebut setiap hari.

9. Cara mengobati ambeien dengan urang-aring

Urang-aring sendiri sering kita dengar sebagai cara untuk menyuburkan rambut atau agar membuat rambut menjadi hitam berkilau. Namun tidak hanya itu saja, urang-aring juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Kandungan urang-aring seperti ecliptine, alfa terthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone membuatnya berguna sebagai obat herbal yang mujarab.

Cara mengobati ambeien menggunakan urang-aring adalah:

- Untuk diminum:

Rebus urang-aring hingga matang.
Minum air rebusannya.

- Untuk dioleskan:

Tumbuk urang-aring hingga halus.
Oleskan pada benjolan.
Tanaman di atas bisa dengan mudahnya Anda temukan dan manfaatkan untuk menyembuhkan ambeien.

Wasir atau ambeien tidak bisa dianggap sepele. Karena kalau dibiarkan terus-menerus akan bisa menyumbat jalan keluarnya feses secara total. Maka dari itu penanganan yang benar harus segera dilakukan supaya tidak memperparah keadaan.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini