Semakin sering kunyah keju, semakin banyak lemak luntur

Jumat, 17 April 2015 18:12 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Semakin sering kunyah keju, semakin banyak lemak luntur Ilustrasi keju. Shutterstock/Sea Wave

Merdeka.com - susu, keju, atau produk olahan susu lainnya telah lama dianggap sebagai bahan makanan yang menjadi musuh bagi mereka yang sedang berdiet. Hal ini disebabkan karena keju sangat tinggi akan lemak. Sementara lemak sendiri dapat menambah berat badan dan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya.

"Tidak semua lemak yang terkandung di dalam keju membahayakan kesehatan. Malahan penelitian kami menemukan bahwa mengunyah keju akan membuat lemak Anda luntur dengan mudahnya," ujar Profesor Alice Roberts dari The Quarterly Journal of Experimental Psychology.

"Keju diketahui mengandung kalsium yang memudahkan proses luruhnya lemak tanpa melalui proses penyerapan lemak di usus terlebih dahulu. Kami mengetahuinya setelah meneliti kebiasaan orang-orang yang doyan mengunyah keju. Secara mengejutkan, dalam sehari lemak mereka bisa luruh sebanyak 8 gram atau 56 gram selama seminggu."

Selain mampu meluruhkan lemak, keju sendiri juga mengandung bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengunyah keju dapat memutihkan dan menguatkan gigi Anda. Sungguh merupakan cara menyenangkan untuk menjaga kesehatan bukan? [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini