Selain dehidrasi, ini penyebab lain kenapa bibirmu kering

Kamis, 11 Agustus 2016 13:28 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Selain dehidrasi, ini penyebab lain kenapa bibirmu kering Ilustrasi bibir kering. ©Top10homeremedies.com

Merdeka.com - Dehidrasi selama ini dituding sebagai penyebab utama kenapa kulit bibirmu kering dan pecah-pecah. Itulah sebabnya kamu mengatasinya dengan rajin minum air putih agar seluruh anggota tubuhmu bisa terhidrasi dengan baik.

Namun meski kamu sudah minum banyak, bibirmu tetap saja kering. Well, apa sih yang jadi sebabnya? Berikut adalah penjelasannya.

Demam

bibir kering terjadi saat kamu sering buang air kecil secara terus-menerus. Saat kamu demam atau suhu tubuh tinggi, maka tubuh akan kehilangan cairan dan salah satu dampaknya adalah bibir jadi mudah kering.

Muntah

Muntah menyebabkan tubuh kehilangan cairan sebab saat kamu muntah, banyak cairan tubuhmu yang dibuang. Selain itu ketika kamu muntah, maka kulit cenderung akan mengalami dehidrasi.

Kondisi kesehatan tertentu

Beberapa masalah kesehatan tertentu seperti diabetes seringkali membuat tubuhmu jadi dehidrasi dan bibir kering.

Sering buang air kecil

Kamu termasuk orang yang tidak bisa menahan hasrat untuk buang air kecil? Well, bisa jadi itu salah satu alasan kenapa kamu mengalami bibir kering. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa menyebabkanmu sering buang air kecil.

Diare

Jika kamu baru saja mengalami diare maka sangat wajar jika bibirmu kering. Sebab diare sendiri akan membuat tubuhmu mengalami dehidrasi.

Menjilat bibir sendiri

Menjilati bibir sendiri terkadang menjadi suatu kebiasaan yang tidak kamu sadari bisa membuat bibirmu jadi kering.

Lingkungan sekitar

Selain dari dalam diri sendiri, kondisi lingkungan sekitarmu juga bisa membuat bibirmu jadi kering terutama jika kondisi iklim yang kamu tinggali kering.

Untuk mencegah agar bibirmu tidak kering, kamu bisa melembapkan dengan menggunakan lip balm. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini