Sejumlah Pola Makan yang Bisa Diterapkan untuk Mencegah Masalah Usai Operasi

Selasa, 30 Juni 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Pola Makan yang Bisa Diterapkan untuk Mencegah Masalah Usai Operasi ilustrasi operasi. ©www.gcmradiology.com

Merdeka.com - Setelah menjalani operasi, seseorang bakal membutuhkan cara yang tepat untuk membantu pemulihan. Hal ini termasuk istirahat yang cukup serta pola makan dengan nutrisi seimbang.

Makanan yang dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan ini harus seimbang setara protein, vitamin, dan mineral. Pemulihan seseorang ini sangat tergantung dari pola dan kebiasaan makan yang disertai dengan konsumsi obat.

Usai operasi, peningkatan konsumsi kalori sangat dibutuhkan oleh seseorang. Manajemen nutrisi sangat dibutuhkan pada tahap sebelum dan setelah operasi.

Setelah operasi, terdapat sejumlah keluhan yang biasa dilakukan seperti konstipasi, kelelahan, mual, dan muntah. Pada sejumlah orang, usai operasi mereka bakal mengalami menurunnya nafsu makan.

Untuk mencegah masalah lebih lanjut, pengaturan mengenai pola makan sangat penting dilakukan. Dilansir dari Indian Express, berkut sejumlah pola makan yang bisa kamu terapkan setelah operasi untuk mencegah timbulnya masalah.

1 dari 1 halaman

1. Perhatikan pola dan jenis makanan yang kamu konsumsi. Hindari bertambahnya berat badan yang tidak diinginkan karena rendahnya aktivitas fisik.

2. Hindari junk food, makanan rendah nutrisi, serta jangan melakukan diet.

3. Hindari Rokok dan alkohol.

4. Konsumsi makanan yang beragam dan seimbang untuk membenahi beragam jaringan, mempercepat pemulihan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk hemoglobin, menyembuhkan luka, menyerap kalsium, melawan infeksi, serta mencegah penyumbatan darah.

5. Konsumsi karbohidrat secara cukup bisa memberi tenaga pada tubuh dan mencegah kelelahan yang rentan terjadi setelah operasi.

6. Konsumsi protein untuk membantu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak serta menumbuhkannya kembali. Protein juga membantu membentuk antibodi untuk melawan infeksi setelah operasi.

Sejumlah pola makan tersebut bisa kamu terapkan untuk mencegah masalah setelah operasi. Beragam cara tersebut juga membantu tubuh memulihkan diri dengan lebih cepat. [RWP]

Baca juga:
Benarkah Gula Merah Memiliki Manfaat Lebih Sehat Dibanding Gula Pasir?

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Nutrisi
  4. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini