Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Jika Punya Pasangan Tukang Mendengkur

Rabu, 4 Desember 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Jika Punya Pasangan Tukang Mendengkur Ilustrasi pasangan mendengkur. ©Shutterstock.com/Lucky Business

Merdeka.com - Mendengkur merupakan salah satu masalah tidur yang dialami oleh banyak orang. Selain pada orang yang mendengkur, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan masalah pada pasangan yang tidur dengannya.

Masalah pertama yang pasti muncul adalah rasa terganggu karena suara dengkuran terutama jika sangat lantang. Namun ternyata terdapat masalah yang lebih parah baik secara fisik dan mental yang bisa terjadi terhadap pasangan karena kebiasaan mendengkur ini.

Dengkuran yang dilakukan ini bisa menimbulkan masalah gangguan tidur pada pasangan. Munculnya gangguan tidur ini juga bisa berujung pada sejumlah masalah seperti depresi, kecemasan, obesitas, hingga bahkan stroke.

Kurangnya tidur bisa berdampak sangat besar terhadap kemampuan tubuh untuk memulihkan diri. Hal lain dalam tubuh yang juga terganggu adalah fungsi biologis penting seperti mengatur metabolisme serta konsolidasi memori.

Dilansir dari NY Post, kurang tidur juga membuat seseorang sering ceroboh dalam bekerja, berpikir lebih lambat, serta produktivitas yang rendah. Lebih dari itu, hal ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan berikut.

1 dari 2 halaman

Sistem Kekebalan Tubuh yang Melemah

Masalah ini juga rentan dialami oleh orang yang mendengkur juga karena berhubungan dengan gangguan tidur yang konstan. Hal ini juga dapat berdampak pada hubungan dengan pasangan.

Masalah rumah tangga yang terjadi ini bisa membuat atmosfer rumah menjadi buruk. Lebih lanjut, hal ini bisa memicu stres, peradangan, perubahan selera makan, dan bahkan sistem kekebalan tubuh yang memburuk.

2 dari 2 halaman

Masalah Jantung dan Ginjal

Penelitian yang dilakukan di Imperial College of Science, London mengungkap bahwa mendengkur bisa meningkatkan tekanan darah. Tingginya tingkat kebisingan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang berujung demensia, penyakit jantung, dan masalah ginjal.

Tingkat kebisingan yang muncul dari mendengkur ini, pada beberapa hal bisa serupa dengan suara alat berat. Tentu saja hal ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan gangguan tidur.

Mendengkur bisa timbulkan sejumlah masalah kesehatan bagi diri sendiri maupun orang lain, oleh karena itu sebaiknya segera atasi ketika kamu mengalami masalah ini. Jika memang sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. [RWP]

Baca juga:
Ini yang Bakal Terjadi pada Mata Ketika Kamu Tidur Tanpa Melepas Lensa Kontak
Kurang Tidur Bisa Sebabkan Terjadinya Masalah Tulang pada Wanita
Begini Cara Otak Pulihkan Tubuh dan Buang Racun Ketika Tidur
Waspada! Gangguan Tidur Ternyata Bisa Berujung Menjadi Kebutaan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini