Sejumlah Kesalahan yang Rentan Dialami ketika Berolahraga di Rumah

Jumat, 15 Mei 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Kesalahan yang Rentan Dialami ketika Berolahraga di Rumah Ilustrasi olahraga. ©shutterstock.com/Yuri Arcurs

Merdeka.com - Masa-masa di rumah saja seperti saat ini membuat banyak orang melakukan banyak aktivitas di rumah. Hal ini termasuk dengan berolahraga di rumah.

Sayangnya, berolahraga di rumah ini menyebabkan seseorang tidak bisa bebas seperti ketika melakukannya di luar. Pakar fisiologis olahraga dan pelatih pribadi Amanda Bisk menyebut bahwa olahraga yang dilakukan seseorang saat ini rentan membuatnya cedera.

Kondisi ini terjadi karena banyak orang tidak memiliki akses serta tips yang tepat untuk berolahraga dan menjaga keselamatan dari cedera. Selain itu, dibandingkan dengan di gym, kamu juga lebih rentan melewati rutinitas.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari Popsugar, terdapat sejumlah kesalahan yang rentan kamu alami ketika berolahraga di rumah. Menurut Bisk, berikut kesalahan yang rentan dilakukan seseorang dan rentan membuatnya cedera:

- Melewatkan gerakan
- Tidak mengenali tujuan olahraga
- Kurangnya ragam gerakan
- Mudah Terganggu
- Memilih ruang olahraga yang tak tepat
- Tidak melakukan cukup gerakan pada tiap gerakan
- Kurang melatih punggung
- Tidak bisa menjalankan rutinitas.

Sejumlah masalah tersebut disebut Bisk rentan dialami ketika seseorang berolahraga di rumah. Walau begitu, hal ini juga bisa diatasi dengan melakukan sejumlah hal.

2 dari 2 halaman

Bisk menyebut beberapa hal bisa dilakukan untuk mengatasinya dengan cara memiliki motivasi lebih tinggi saat berolahraga. Selain itu, untuk gerakan yang lebih tepat, kamu bisa berolahraga sambil menonton video olahraga.

Tujuan juga disebut Bisk sebagai suatu hal yang penting ketika berolahraga. Tujuan olahraga ini bisa untuk kebugaran, ketangkasan, atau melatih kekuatan tubuh.

"Kamu membutuhkan lebih banyak istirahat ketika melakukan olahraga memperkuat kekuatan karena kamu harus dipastikan memiliki kontraksi otot maksimal ketika berolahraga," terang Bisk.

Bagi olahraga yang berfokus pada kebugaran atau kardio, kamu sebaiknya bergerak lebih cepat. Ketika berlatih untuk ketangkasan, bergeraklah dengan kontrol yang tepat. [RWP]

Baca juga:
Menurut Ahli, Begini Tips Tepat Berolahraga saat Bulan Puasa
Menurut Ade Rai, Ini Waktu Olahraga Paling Tepat saat Berpuasa
Berhenti Merokok dan Setop Begadang Bisa Jadi Cara Tingkatkan Imun Tubuh

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bugar
  3. Kebugaran
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini