Sejumlah Hobi yang Ampuh untuk Menurunkan Tingkat Stres

Rabu, 6 November 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Hobi yang Ampuh untuk Menurunkan Tingkat Stres Ilustrasi berkebun. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Masalah serta rutinitas sehari-hari yang kamu lakukan bisa menjadi penyebab terjadinya sejumlah hal pada dirimu. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental pada dirimu.

Rutinitas harian, tekanan hidup, hingga lingkungan sekitar yang tidak mendukung seringkali membuat stres datang. Jika tidak ditangani dengan baik, stres mampu menjadi depresi yang mengkhawatirkan.

Munculnya stres ini bisa berujung pada masalah kesehatan lain yang lebih berat pada diri seseorang. Untuk mengatasi masalah ini, kamu membutuhkan penanganan atau juga pengalihan dengan melakukan sejumlah hobi.

Sejumlah hobi yang kamu lakukan bisa menjadi cara yang tepat untuk menurunkan stres. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hobi yang bisa mengalihkan dan menurunkan tingkat stres.

1 dari 4 halaman

Mewarnai

Ketika stres melanda, ambil segera buku mewarnai dan alat mewarna. Mewarnai bisa menjadi terapi stres yang dilakukan banyak orang. Ketika hasil mewarnaimu ternyata bagus, maka kamu pun jadi lebih bahagia.

2 dari 4 halaman

Berkebun

Berkebun juga menjadi obat yang mujarab untuk menurunkan tingkat stres. Hal ini terjadi terutama jika taman jadi terlihat cantik atau hasil berkebun bisa kamu manfaatkan.

3 dari 4 halaman

Membuat Kerajinan Tangan

Kamu bisa menyalurkan jiwa kreatifmu dengan membuat kerajinan tangan kala stres. Entah itu membuat gelang, pembatas buku, atau gambar lain yang menarik, hal ini bisa membuat stres yang kamu alami lebih terkendali.

4 dari 4 halaman

Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi hobi yang berguna untuk mengendalikan stres. Untuk mengatasi masalah ini, lebih baik ketika kamu membaca buku humor atau motivasi diri ketika kamu merasa negatif.

Sejumlah hobi tersebut bisa sangat membantu untuk mengatasi stres yang terjadi pada tubuhmu. Oleh karena itu, ketika kamu mengalami stres, sejumlah hobi tersebut bisa membantumu untuk mengatasinya. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Makanan Sehat Bisa Bantu Atasi Gejala Depresi Seseorang
Banyaknya Depresi Berujung Bunuh Diri Disebabkan Gagalnya Deteksi Masalah Tersebut
Kurang Ibadah Bisa Jadi Salah Satu Faktor Seseorang Alami Depresi
Depresi Perlu Cepat Diatasi untuk Tekan Risiko Bunuh Diri
Ini Penyebab Mengapa Tubuh Seseorang Terasa Lelah Ketika Sedang Stres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini