Sejumlah Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Masalah Asam Lambung

Selasa, 5 Maret 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Masalah Asam Lambung Ilustrasi mual. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/deepblue-photographer

Merdeka.com - Masalah asam lambung merupakan salah satu kondisi kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Hal ini menyebabkan seseorang merasa dada serasa sesak karena asam di perut yang naik ke kerongkongan.

Hal yang kerap tampak dari masalah asam lambung ini adalah kondisi mual-mual yang biasa muncul. Untuk mengatasi masalah asam lambung ini, ternyata perubahan gaya hidup dapat dilakukan. Dilansir dari Medical Daily, berikut perubahan gaya hidup yang harus kamu lakukan untuk menghindari masalah asam lambung.

1. Kurangi Berat Badan

Obesitas disebut Michael Vaezi dari Vanderbilt University sebagai penyebab utama dari masalah asam lambung. Dia menyebut bahwa bertambahnya lemak tubuh dapat memberi tekanan pada pinggul yang mendorong makanan dan asam naik.

"Turunkan bobot bila kamu kegemukan, jika tidak, sebaiknya kamu pertahankan berat badan," jelas Vaezi.

2. Jauhi Sejumlah Makanan

Sebaiknya hindari makanan pedas, gorengan, dan asam karena mereka dapat menyebabkan rasa sakit di dada. Selain itu minuman berkafein dan berkarbonasi juga harus dihindari karena memiliki efek yang sama.

Buah-buahan sitrus, bawang putih, dan bawang merah juga dapat menyebabkan masalah asam lambung. Jika kamu baru mengonsumsi masalah tersebut, kunyah permen karet agar produksi liur meningkat dan menetralkan asam yang muncul karenanya.

3. Tinggikan Posisi kepala di Kasur

"Pastikan kamu berhenti makan setidaknya 60 menit sebelum tidur. Jika hal tersebut tak bekerja, pastikan posisi kepala lebih tinggi dengan bantal tambahan sehingga asam lambung turun kembali ke perut," ujar Tara Coleman, nutrisionis klinis.

Pastikan tubuh kamu tidak menekuk terlalu banyak yang bisa menyebabkan tekanan tambahan di perutmu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah pastikan posisi kepala di kasurmu jadi lebih tinggi.

4. Berhenti Merokok

Merokok ternyata bisa jadi penyebab kamu mengalami masalah asam lambung. Pasalnya kebiasaan merokok bisa mengurangi produksi air liur, melemahkan sphincter esofagus bawah, dan mungkin memicu pergerakan asam empedu dari usus ke perut.

Selain itu, kamu juga harus mengurangi alkohol untuk membatasi produksi asam di perutmu. Oleh karena itu, perhatikan betul-betul minuman yang kamu konsumsi.

5. Hindari Pakaian Ketat

Menggunakan celana ketat ternyata juga dapat menimbulkan masalah pada asam lambung ini. Tekanan yang muncul pada bagian pinggul ini dapat menekan asam perut naik ke kerongkongan.

Pastikan kamu menggunakan ukuran celana yang tepat dan sebisa mungkin gunakan pakaian longgar. Sabuk yang kamu gunakan juga harus diperhatikan karena hal ini bisa menghadirkan pengaruh yang sama.

Sejumlah perubahan gaya hidup ini sebaiknya segera kamu lakukan jika kamu memiliki atau ingin mencegah munculnya masalah asam lambung ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini