Sederet kebiasaan salah penyebab berat badan naik

Rabu, 11 Juli 2018 07:01 Reporter : Riski Amalia
Sederet kebiasaan salah penyebab berat badan naik makan siang. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Mengkonsumsi makanan memang diperlukan tubuh untuk menjaga stamina agar tubuh tetap kuat beraktifitas seharian. Tak jarang saat perut terasa masih lapar padahal baru selesai makan, cemilanl ah yang menjadi pelarian. Dan jangan heran jika berat badan anda semakin bertambah.

Selain itu, melewatkan makan siang akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan masalah kesehatan. Itu sebabnya penting meluangkan waktu untuk makan siang dan mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan tubuh sejak pagi hari.

Namun, ada beberapa kebiasaan saat makan siang yang bisa bikin bobot bertambah. Berikut enam diantaranya mengutip laman Boldsky, Selasa (10/7/2018).

1. Membeli makanan di luar setiap hari

Makan di luar seperti di restoran seringkali tidak segar. Selain itu, membeli makanan di luar tidak selalu terjamin kebersihannya. Makanan Anda akan lebih sehat jika dimasak sendiri.

2. Makan di meja kerja

Studi telah mengungkap, meja kerja mengandung kuman tiga kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Hal ini memudahkan mikroba untuk memasuki tubuh kita melalui makanan yang kita makan.

Untuk itu, hindari makan siang di meja makan dan carilah tempat alternatif yang bisa membuat Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan.

3. Makan sambil bermain ponsel

Saat ini sulit sekali bagi orang-orang untuk berpisah dari ponsel, bahkan pada saat makan. Padahal, terdapat banyak bakteri dan kuman pada ponsel. Sebaiknya Anda menghindari memegang ponsel dan fokus pada makanan Anda.

Selain itu, studi menunjukkan orang yang makan sambil bermain ponsel akan makan lebih banyak dibandingkan orang yang tidak memegang ponsel saat makan.

Saksikan juga video menarik berikut:

4. Makan terlambat

makan siang 2018 Liputan6.com

Menunda makan siang akan membuat Anda lesu dan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ketika Anda makan siang mendekati sore hari, ada kemungkinan Anda akan makan lebih banyak dari biasanya.

Efek lainnya, tidak makan tepat waktu akan memperlambat metabolisme Anda. Hal ini menyebabkan makanan tidak dicerna atau disimpan sebagai lemak.

5. Minum soda

Soda mengandung kandungan tinggi gula. Hal ini menambah timbunan lemak di tubuh Anda. Imbasnya, berat badan Anda akan naik dengan mudah. Selain itu, soda membuat kerusakan gigi dan membuat kadar gula darah Anda meningkat.

6. Duduk terlalu lama

Lebih baik melakukan jalan cepat setelah makan karena akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik. Berjalan juga akan membantu membakar kalori. Terlalu lama duduk setelah makan akan mengubah energi menjadi lemak dan menyimpannya.

Menunda makan siang akan membuat Anda lesu dan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ketika Anda makan siang mendekati sore hari, ada kemungkinan Anda akan makan lebih banyak dari biasanya.

Efek lainnya, tidak makan tepat waktu akan memperlambat metabolisme Anda. Hal ini menyebabkan makanan tidak dicerna atau disimpan sebagai lemak.

Nah, jika sudah terlanjur. Pastinya anda ingin tahu bagaimana cara diet ampuhdan efektif untuk turunkan berat badan.

Setidaknya berolah ragalah minimal seminggu2 kali jika anda ingin benar benar turunkan berat badan. Jika anda tak sempat untuk melakukannya. Anda bisa mengambil alternatif untuk lebih aktif bergerak, agar lemak tubuh tak semakin menumpuk.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini