Seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil?

Rabu, 9 Desember 2015 09:13 Sumber :
Seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil? Ilustrasi multivitamin. Shutterstock/iravgustin

Merdeka.com - Teman saya tidak pernah menyangka, bayi yang selama ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh dia dan suami, ternyata didiagnosis menderita anencephaly atau otak bayi tidak terbentuk sempurna yang ditandai dengan tengkorak kepala bayinya tidak berkembang maksimal dan berisi cairan otak dalam beberapa hari. Menurut dokter ahli kandungan yang dia temui, Anencephaly bisa disebabkan oleh kekurangan asam folat saat ibu sedang mengandung.

seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil

Seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil meetdoctor.com

Apa sih asam folat itu? Asam folat adalah bagian dari vitamin B yang larut dalam air, sering juga disebut vitamin B9. Tubuh kita memerlukan asam folat untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Secara khusus, asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita yang merencanakan kehamilan, juga selama periode hamil dan menyusui . Asam folat terbukti dapat mencegah cacat bawaan otak dan tulang belakang atau Bahasa kerennya disebut Neural Tube Defects (NTDs).

Sumber terbaik asam folat adalah dari sumber alaminya seperti susu segar, pisang ataupun alpukat. Hanya saja untuk mencapai kadar asam folat yang diperlukan oleh wanita terutama yang sedang mengandung, mereka harus mengonsumsi makanan ini dalam jumlah sangat besar.

seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil

Seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil meetdoctor.com

Untungnya saat ini asam folat bisa ditemukan dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu pil asam folat 400 mcg ataupun multivitamin prenatal yang mengandung kombinasi asam folat dan vitamin lainnya. Sebuah uji klinis yang dilakukan di Hungaria terhadap sekitar hampir 5.000 wanita ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi multivitamin yang mengandung 800 mcg asam folat selama satu bulan sebelum kehamilan, dapat mengurangi risiko NTDs sampai dengan 92 persen dibandingkan dengan konsumsi asam folat 400mcg yang hanya dapat menurunkan risiko NTDs sebesar 50 – 70 persen.

seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil

Seberapa pentingkah asam folat untuk ibu hamil meetdoctor.com

Salah satu contoh multivitamin yang ada beredar di pasaran.

Kapan saat yang tepat untuk mengonsumsi asam folat? Seringkali seorang wanita baru menyadari bahwa dirinya hamil bukan pada minggu pertama kehamilannya. Risiko insiden NTDs pada bayi dapat terjadi pada masa pembentukan embrio yaitu dari minggu ke 3 sampai 8. Karena itu, wanita yang sedang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sedini mungkin setiap hari.

Referensi:

1. Folic Acid Helps Prevent Neural Tube Defects.2012. Available from: http://www.cdc.gov/features/folicacid/

2. Folate Dietary Supplement Fact Sheet. 2014. Available from: http://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-HealthProfessional/

3. Czeizel AE. (2004) The Primary Prevention of Birth Defects: Multivitamin or Folic Acid. International Journal of Medical Sciences 2004 1 (1):50-61. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini