Satu Jam Merupakan Batas Maksimal Bermain Internet dan Video Games bagi Remaja

Rabu, 2 Juni 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Satu Jam Merupakan Batas Maksimal Bermain Internet dan Video Games bagi Remaja Ilustrasi Anak Bermain Gawai. ©thedigitalbridges.com

Merdeka.com - Penggunaan ponsel merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan pada saat ini. Bukan hanya pada orang dewasa, remaja dan anak-anak pada saat ini juga telah kecanduan dalam menggunakan ponsel dan tidak dapat jauh darinya.

Tingginya penggunaan ini termasuk untuk belajar dan bersekolah pada saat pandemi kini. Hal ini menyebabkan batas yang semakin kabur antara tujuan penggunaan ponsel untuk bekerja dan belajar atau untuk sekadar hiburan.

Penelitian terbaru mengungkap berapa waktu maksimal yang sebaiknya dihabiskan remaja untuk menggunakan internet, media sosial, maupun video games ini untuk tujuan rekreasional. Dilansir dari Medical Xpress, penelitian yang dilakukan oleh Rutgers University-New Brunswick menyebut bahwa bermain internet dan media sosial sebaiknya dibatasi hanya satu jam saja setiap hari ketika sedang bersekolah.

Berdasar penelitian tersebut, bermain internet dan media sosial dalam waktu yang lama bisa menurunkan nilai ketika di sekolah. Hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Computers in Human Behavior membuat garis tegas jumlah jam yang disarankan untuk dituruti.

Pada hari-hari sekolah, jumlah jam yang disarankan maksimal adalah satu jam. Sedangkan pada akhir pekan, jumlah jam maksimal yang disarankan adalah empat jam.

Baca Selanjutnya: Manfaat Membatasi Penggunaan Ponsel dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini